The Story of Indonesian Heritage

Stasiun Kereta Api Grati

Stasiun Kereta Api Grati (GI) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Grati, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember yang berada pada ketinggian + 16 m di atas permukaan laut, dan merupakan stasiun kelas III alias stasiun kecil. 

  

Stasiun ini terletak di Desa Ranu Klindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Lokasi stasiun ini berada di sebelah utara Loka Penelitian Sapi Potong Grati, atau sebelah selatan MADIN Miftahul Ulum Nguling.


Bangunan Stasiun Grati ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Pembangunan stasiun ini diperkirakan bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Pasuruan-Probolinggo-Klakah yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, Staatsspoorwegen, dari tahun 1884 hingga tahun 1895. Jalur tersebut merupakan bagian dari proyek jalur kereta api di Jawa untuk line menuju bagian timur (oosterlijnen) sepanjang 74 kilometer. Pengerjaannya dimulai dari Pasuruan menuju Probolinggo yang selesai pada tahun 1884, selang sepuluh tahun barulah dilanjutkan pengerjaannya dari Probolinggo menuju Klakah yang selesai pada tahun 1895.
Stasiun ini memiliki 2 jalur dengan jalur 1 sebagai sepur lurus, yang ke arah barat menuju Stasiun Rejoso dan yang ke timur menuju Stasiun Bayeman. Sedangkan, jalur 2 digunakan sebagai persilangan atau persusulan antarkereta api. Stasiun ini tergolong sepi karena pada saat ini tidak ada aktivitas untuk menaikan maupun menurunkan penumpang.  *** [120916]

Foto: Riyan Hidayat
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami