The Story of Indonesian Heritage

Stasiun Kereta Api Sumobito

Stasiun Kereta Api Sumobito (SBO) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Sumobito, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun yang berada pada ketinggian + 28 m di atas permukaan laut, dan merupakan stasiun kelas III atau kecil. Stasiun ini terletak di Stasiun, Desa Sumobito, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi stasiun ini berada di sebelah barat Pasar Sumobito ± 200 m, atau selatan Toko Bangunan ABC.
Bangunan Stasiun Sumobito ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api Sidoarjo-Mojokerto-Sembung. Pembangunan jalur tersebut dimulai pada tahun 1880 dan selesai pada tahun 1881 oleh Staatsspoorwegen, perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, sepanjang 64 kilometer yang merupakan bagian dari proyek Oosterlijnen atau State Railway Eastern Lines (lintas timur).
Stasiun ini memiliki 3 jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus arah barat menuju Stasiun Peterongan dan arah timur menuju Stasiun Curahmalang. Jalur 1 dan 3 digunakan sebagai jalur persilangan atau persusulan dengan kereta yang lain yang akan melintas stasiun ini.
Kendati Stasiun Sumobito merupakan stasiun kelas III atau kecil, namun masih beruntung bahwa di stasiun tersebut masih tampak ada aktivitas menaikkan maupun menurunkan penumpang. *** [280717]
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami