Thursday, April 12, 2018

Rumah Dinas Administrator PG Kebon Agung Malang

Setiap melintas jalan utama yang menghubungkan Kota Malang dengan Kepanjen, Anda akan menemukan bangunan rumah yang memiliki bentuk dan gaya aristektur kolonial yang khas. Bangunan tersebut persis berada di depan Pabrik Gula (PG) Kebon Agung, dan dikenal dengan Rumah Dinas Administrator PG Kebon Agung.
Rumah Dinas Administrator ini terletak di Jalan Raya Kebonagung, Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi Rumah Dinas ini tepat berada di depan PG Kebon Agung.


Rumah Dinas Administrator PG Kebon Agung (Suikerfabriek Kebon Agung Administrateurswoning) merupakan tempat tinggal yang diberikan kepada administrator selama ia masih bekerja di pabrik gula tersebut. Yang dimaksud dengan administrator adalah pimpinan tertinggi dalam struktur organisasi pabrik gula yang bertanggung jawab memimpin dan mengolah semua kegiatan usaha yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan seluruh operasional produksi, finansial, dan administrasi dengan efektif dan efisien. Jadi, Rumah Dinas Administrator itu adalah tempat tinggal pimpinan pabrik gula (direktur atau manajer).


Pembangunan rumah dinas ini dilakukan setelah PG Kebon Agung berdiri (1905) terlebih dahulu. Halamannya cukup luas. Kesan kolonial tampak terlihat dari fasadnya yang terpengaruh bentuk arsitektur vernacular Belanda. Masyarakat setempat dulu menyebut dengan istilah Rumah Besaran, yakni rumah yang besar dan sekaligus untuk pembesar pabrik gula tersebut.
Usia bangunan rumah yang sudah tua menyebabkan Rumah Dinas Administrator tersebut menjadi sebuah bangunan kuno yang memiliki nilai arsitektur atau gaya bangunan pada masanya, yakni bangunan kolonial berasal dari abad ke-19 dan awal abad ke-20. Oleh sebab itu nilai penting dari Rumah Dinas Administrator itu adalah terletak pada nilai arsitektural dan historisnya. *** [110418]

0 comments:

Post a Comment