Selasa, 12 Juni 2012

Asal Mula Nama Bengkulu

Bengkulu adalah nama sebuah provinsi yang terletak di Sumatera bagian selatan. Dari segi geografis, Bengkulu terletak di antara 5° 16’ - 3° 31’ Lintang Selatan dan 101° 01’ - 103 41’ Bujur Timur. Provinsi Bengkulu terletak di sebelah barat pegunungan Bukit Barisan.  Luas wilayah Provinsi Bengkulu mencapai kurang lebih 1.978,7 Km2. Wilayah Provinsi Bengkulu memanjang dari perbatasan Provinsi Sumatera Barat sampai ke perbatasan Provinsi Lampung. Batas wilayah Provinsi Bengkulu di sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat, di sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Provinsi Lampung, di sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia dan di sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan.
Provinsi Bengkulu berdiri pada 2 September 1967 dengan berdasarkan pada hukum UU No. 9 Tahun 1967, namun demikian dari cerita yang tersebar di tengah-tengah masyarakat, nama Bengkulu sudah mereka kenal semenjak dahulu.
Kata Bengkulu semula berasal dari perkataan “empang kahulu”, artinya di hempang, dihambat perjalanannya (musuh) melalui sungai ke hulu. Ini pun sudah tentu ada kaitannya dengan suatu cerita yang dipaparkan di halaman belakang. Dari kata “empang kahulu” lahirlah kata “bangkahulu”, yang kemudian menjadi nama sebuah negeri yang letaknya di sekitar muara sungai Serut, pesisir kota Bengkulu sekarang.
Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kata Bengkulu atau Bangkahulu berasal dari kalimat “Bangka hanyut ke hulu.” Sedangkan kata Bengkulu berasal dari kata “abang kulon”, artinya sinar merah di sebelah barat. Pendapat yang kedua ini tidak begitu populer mungkin karena kurang kuat alasan sejarahnya. ***

Sumber:
  • ___________ , 2011, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL), Solo: CV. Buana Raya
  • Djalaluddin, dkk., ____ , Tambo Kejai Beserta Lima Buah Cerita Rakyat Lainnya Dari Bengkulu, Jakarta: Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

0 komentar:

Posting Komentar