Sabtu, 15 September 2012

Museum Arca Sonokridanggo

Museum Arca Sonokridanggo terletak di Jalan Pandanaran 162 Boyolali atau menyatu dengan Taman Kota Sonokridanggo, di mana di sebelah utara museum ini terdapat TK Islam Al-Hasbi dan di sebelah selatan terdapat lapangan tenis Sonokridanggo.


Lokasi museum ini sebenarnya sangat strategis, terletak di jalur utama tengah Kota Boyolali. Hanya saja, menariknya lokasi ini tidak diimbangi dengan bangunan yang menjadi museum. Museum ini berukuruan 12 x 12 m dan dibalut oleh jeruji-jeruji besi, sehingga bisa dilihat dari luar.


Sempitnya bangunan museum ini, tidak lagi bisa menampung koleksi arca yang berjumlah sekitar 425 buah. Sehingga, ada koleksi museum yang harus ditempatkan diluar bangunan tersebut. Kondisi seperti ini membuat museum ini kurang diminati oleh pengunjung. Penataan museum menjadi kurang maksimal.


Museum yang sudah ada sejak tahun 1990, sebenarnya merupakan aset bagi Pemkab Boyolali untuk fungsi edukasi yang menarik. Bila bangunan museum ini dibenahi, kemungkinan penataan museum menjadi menarik untuk dikunjungi. Karena, sesungguhnya museum ini telah memiliki modal isian museum yang sangat tua, berupa arca-arca zaman Hindu dan Buddha dari abad ke-8 hingga abad ke-10.
Koleksi museum arca sebagian besar berupa lembu nandi, serta yoni yang merupakan lambang kesuburan wanita. Selain itu, ada pula relief arca berwujud Siwa guru yang bertubuh tambun dan berjanggut serta Siwa Mahadewa. Selain itu, ada pula patung Durga, perempuan bertangan delapan yang menginjak banteng, serta Ganesha dan Wisnu yang menaiki garuda. Di luar rumah arca juga terdapat patung Ganesa setinggi 1,5 meter dan yoni yang tingginya sekitar 1 meter. *** [120912]

0 komentar:

Posting Komentar