Selasa, 18 Desember 2012

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid yang terbesar dan termegah di Asia Tenggara saat ini. Masjid ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Secara filosofis, ketinggian ini diambil dari jumlah ayat Al-Qur’an.
Masjid Istiqlal didirikan atas prakarsa Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno, di mana saat pemancangan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961. Sedangkan, arsitek untuk Masjid Istiqlal ini adalah Frederich Silaban.


Masjid Istiqlal terletak di Jalan Pintu Air Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta atau lokasinya berada di timur laut lapangan Monumen Nasional (Monas). Konon, lokasinya ini dipercaya sebagai lokasi benteng peninggalan Belanda yang berada di Wilhemina Park (sekarang Silang Monas).
Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai, dengan kubah berdiameter 45 meter. Dengan kondisi ini, Masjid Istiqlal mampu menampung jamaah hingga lebih dari sepuluh ribuan orang.
Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), aktivitas sosial, dan kegiatan umum, *** [071212]

0 komentar:

Posting Komentar