Senin, 09 Juni 2014

Masjid Empang At-Thohiriyyah

Masjid At-Thohiriyyah merupakan salah satu masjid tua yang ada di Kota Bogor. Masjid ini terletak di Jalan Raden Aria Wiranata, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi masjid ini tidak begitu jauh dengan lokasi masjid Noer Al Athas, yaitu berada di sebelah barat alun-alun Empang.
Dahulu, kawasan di mana masjid ini berdiri dikenal sebagai Sukahati. Namun, setelah dijadikan pusat pemerintahan oleh para Bupati Bogor (1754), daerah menjadi Kampung Baru. Kemudian karena di daerah tersebut dibangun sebuah kolam yang cukup besar oleh Pemerintah Hindia Belanda, daerah tersebuh menjadi terkenal dengan nama Empang. Kata empang, menurut orang Sunda memiliki arti kolam. Lidah orang Sunda senang menyebutnya daerah tersebut dengan Empang, sehingga Masjid At-Thohiriyyah pun lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Masjid Agung Empang Bogor.


Masjid At-Thohiriyyah ini dibangun dari tahun 1815 hingga tahun 1817 oleh Raden Muhammad Tohir. Kemudian pembangunannya dilanjutkan oleh cucunya yang bernama Raden Arya Wiranata (Bupati Pertama Bogor), putra dari Raden Aria Suryawinata. Dari awal didirikan hingga saat ini, Masjid At-Thohiriyyah tetap berfungsi sebagai bangunan peribadatan. Di depan masjid ini terdapat alun-alun yang pada tahun 1535-1543 membentang dari parit empang sampai ke tepi Sungai Cisadane.
Bangunan masjid ini berdenah persegi empat, dan memiliki dua menara di bagian kanan dan kiri bangunan. Menara bagian kiri terlihat lebih rendah dari menara yang ada di bagian kanan, dan di tengah menara terdapat kubah masjid berwarna hijau.
Masjid yang memiliki luas bangunan 1.285 m² di atas lahan seluas 5.509 m² ini, telah mengalami beberapa perubahan atau renovasi. Sehingga, apabila dilihat dari sisi kekunaannya, bangunan masjid ini memang sudah tidak menyiratkan secara fisik. Akan tetapi, tradisi sholawatan yang sudah dipelopori oleh Raden Aria Suryawinata, putra sang pendiri masjid ini, terus berlanjut hingga sekarang, terlebih usai shalat Jumat sholawat pun akan dikumandangkan oleh para jamaah. *** [220514]

0 komentar:

Posting Komentar