Selasa, 28 Juli 2015

Stasiun Kereta Api Gombong

Stasiun Kereta Api Gombong (GB) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Gombong, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto yang berada pada ketinggian + 18 m di atas permukaan laut.
Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun, Desa Wonokriyo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi stasiun ini berada di sebelah selatan Pasar Gombong.
Bangunan Stasiun Gombong ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Yogyakarta-Maos yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, Staatsspoorwegen, dalam proyek jalur kereta api di Jawa untuk line menuju barat (westerlijnen) pada tahun 1887 sepanjang 155 kilometer, dan peresmian Stasiun Gombong dilakukan pada 21 Juli 1887.


Keberadaan Stasiun Gombong ini sesungguhnya adalah untuk menopang Gombong sebagai basis kekuatan militer Belanda. Bila ada pemberontakan di sekitar Jawa Tengah, maka pasukan militer Belanda yang berada di dalam Benteng Van der Wijck Gombong segera dapat dimobilisir dengan angkutan kereta api tersebut.
Stasiun ini memiliki 5 jalur. Jalur 1,3 dan 4 digunakan sebagai jalur untuk persilangan kereta api, dan jalur 2 digunakan sebagai jalur sepur lurus. Sedangkan, jalur 5 khusus digunakan untuk kereta api yang melakukan bongkar muat di gudang PT. Pupuk Sriwijaya (Pusri) yang menyewa beberapa bangunan gudang di lahan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang berada di lahan Stasiun Gombong.
Meski Stasiun Gombong berada di pusat kecamatan, namun bangunannya tergolong besar dan cukup ramai arus lalu lintas di jalur ini. Hal ini dikarenakan letak Stasiun Gombong merupakan stasiun kelas 1 yang menghubungkan dari Surabaya ke Bandung dan Surabaya ke Jakarta. Okupansi penumpang yang berangkat dan turun di Stasiun Gombong lumayan ramai, sehingga stasiun ini lebih dikenal ketimbang Stasiun Kebumen yang berada di ibukota kabupaten.  *** [040914]

0 komentar:

Posting Komentar