Jumat, 08 April 2016

Mr. R. Iwa Kusumasumantri

Iwa Kusumasumantri dilahirkan pada tanggal 31 Mei 1899 di Ciamis, Jawa Barat. Pendidikannya dimulai pada sekolah HIS di Ciamis sampai tahun 1912, tahun 1915 dilanjutkan ke sekolah OSVIA di Bandung, kemudian ke Sekolah Hukum (Rechts School) selesai tahun 1921. Selepas sekolah beliau sempat berkiprah di kantor pengadilan di Bandung dan Surabaya.
Pada tahun 1925 beliau memperoleh gelar Meester in de Rechten (Mr) dari Belanda. Di samping itu beliau juga aktif dalam pergerakan dan menjadi ketua Indonesische Vereeniging yang kemudian menjadi Perhimpunan Indonesia (1923-1924). Sekembalinya ke tanah air, beliau masuk menjadi anggota Partai Nasional Indonesia yang dipimpin oleh Soekarno.
Iwa Kusumasumantri dikenal di mata masyarakat Sumatera Utara, salah satunya karena menjabat penasehat di Indonesiche National Padvinder Organisatie (INPO). Namun karena sifatnya yang progesif revolusioner, pada bulan Juli 1929 beliau ditangkap oleh Pemerintah Hindia Belanda dan dibuang ke Banda Neira.
Ketika dibentuk Kabinet Presidential tanggal 5 September 1945 Iwa Kusumasumantri diangkat menjadi Menteri Sosial dan Perburuhan. Selanjutnya bersama Dr. Buntaran mendirikan Palang Merah Indonesia.
Pada tahun 1962-1966 beliau menjabat sebagai Menteri Negara sampai dengan menjelang usia pensiun. Dan sampai akhir hayatnya menyibukkan diri dengan menulis di mana hasil karyanya banyak yang dipublikasikan. Beliau wafat pada tanggal 27 September 1971 dan dimakamkan di Pemakaman Karet Jakarta.

Sumber:
Museum Perumusan Naskah Proklamasi Documentary Board

0 komentar:

Posting Komentar