Kamis, 15 Juni 2017

Daerah Operasi PT. Kereta Api Indonesia

PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) membagi pengoperasian kereta api ke dalam 9 Daerah Operasi (Daop). Tiap Daop dipimpin oleh seorang Kepala Daerah Operasi (Kadaop) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direksi PT. KAI.
Berikut adalah daftar Daop perkeretaapian di Indonesia:

Daop 1 Jakarta
Daop 1 Jakarta merupakan Daerah Operasi dengan wilayah terbentang dari Stasiun Merak (barat) di Banten hingga Stasiun Cikampek (timur) dan Stasiun Sukabumi (selatan) di Jawa Barat. Daop 1 Jakarta melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Daop 2 Bandung
Daop 2 Bandung merupakan Daerah Operasi dengan wilayah terbentang dari Stasiun Cibungur (utara) sampai dengan Stasiun Cipari (timur) dan Stasiun Ranji (barat) melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Jawa Barat bagian selatan.

Daop 3 Cirebon
Daop 3 Cirebon merupakan Daerah Operasi dengan wilayah terbentang dari Stasiun Tanjungrasa (barat) sampai dengan Stasiun Brebes (timur) hingga stasiun Songgom (selatan) melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian utara.

Daop 4 Semarang
Daop 4 Semarang merupakan Daerah Operasi dengan wilayah terbentang dari stasiun Tegal (barat) sampai dengan Stasiun Kalitidu (timur) dan Stasiun Gundih (selatan) melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian utara.

Daop 5 Purwokerto
Daop 5 Purwokerto merupakan Daerah Operasi dengan wilayah yang terbentang dari Stasiun Prupuk (utara) sampai dengan Stasiun Purworejo (timur), Stasiun Sidareja (barat) dan Stasiun Cilacap (selatan) melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Jawa Tengah bagian selatan.

Daop 6 Yogyakarta merupakan Daerah Operasi dengan wilayah terbentang dari Stasiun Montelan (barat) sampai dengan Stasiun Kedungbanteng (timur), Stasiun Goprak (utara) dan Stasiun Wonogiri (selatan) melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daop 7 Madiun merupakan Daerah Operasi dengan wilayah yang terbentang dari Stasiun Walikukun (barat) sampai dengan Stasiun Curahmalang (timur) dan Stasiun Rejotangan (selatan) melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Jawa Timur bagian selatan.

Daop 8 Surabaya merupakan Daerah Operasi dengan wilayah yang terbentang dari Stasiun Bojonegoro (utara) sampai dengan Stasiun Blitar (selatan) dan Stasiun Mojokerto (barat), melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Jawa Timur

Daop 9 Jember
Daop 9 Jember merupakan Daerah Operasi dengan wilayah yang terbentang dari Stasiun Bangil (barat) sampai dengan Stasiun Banyuwangi (timur), melintasi stasiun-stasiun di wilayah Provinsi Jawa Timur bagian timur.

0 komentar:

Posting Komentar