Friday, July 13, 2012

Sejarah ATM

ATM (Automated Teller Machine) sebagaimana pada penemuan teknologi lain, penemuan ATM juga didasarkan pada karya sejumlah penemu, sedikitnya tiga nama, yakni: Luther Simijian, John Sheperd-Barron, dan Don Wetzel. Seperti ditulis Mary Bellis di About.com, pada tahun 1939 Simijian mematenkan satu prototipe awal ATM yang kemudian terbukti kurang sukses. Ada juga yang berpendapat, orang Skotlandia bernama James Goodfellow adalah pemegang paten paling awal (1955) ATM modern dan John D. White (dari Docutel) di Amerika Serikat juga sering disebut sebagai penemu desain ATM tegak mandiri (free standing) pertama.



Mesin “lubang di tembok”

Dari kilasan riwayat di atas, orang mengakui Simjian adalah sosok yang mendapat ide untuk menciptakan apa yang disebut sebagai “mesin lubang di tembok” yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi financial.
Pada tahun 1939, Simjian mengajukan 20 paten terkait dengan penemuan ATM dan melakukan uji coba lapangan terhadap mesin temuannya di bank yang kini dikenal sebagai Citicorp. Hanya saja, setelah enam bulan, bank tempat uji coba melaporkan bahwa yang tertarik pada mesin itu sedikit saja sehingga penggunaannya pun dihentikan.
Tahun 1967, John Shepherd-Baron menemukan dan memasang sebuah ATM di satu Bank Barclays di London.  Setahun kemudian (1968), Don Wetzel menemukan ATM buatan Amerika. ATM baru menjadi bagian penting perbankan mulai dekade 1980-an. ***

0 comments:

Post a Comment