Jumat, 13 Juli 2012

Sejarah Lips’ Brandkasten en Slotenfabrieken

Pintu ruang Kluis dan beberapa koleksi brandkast di gedung Museum Bank Mandiri diproduksi oleh NV Lips’ Brandkasten en Slotenfabrieken Dordrecht (Belanda) yang berdiri sejak tahun 1871. Pendiri perusahaan ini adalah Jacobs Lips, seorang pemuda yang dalam usia 23 tahun telah membeli sebuah toko tukang besi di Bogenstraat, Dordrecht. Pada awalnya Jacobs Lips membuat brandkast, kunci dan perapian. Dalam sejarahnya perusahaan ini merupakan pabrik kunci pertama di negeri Belanda yang khusus memproduksi brnadkast dan pintu Kluis.



Sejak tahun 1899, badan usahanya mulai berkembang menjadi firma Lips dengan memproduksi brandkast, pintu Kluis dan Safe Deposit Box (SDB). Kemudian tahun 1910 firma Lips berubah menjadi NV Lips Brandkasten en Slotenfabriek. Pada tahun 1964, Lips membeli sebuah perusahaan gips dan kemudian namanya diganti menjadi NV Lips en Gispen. Tahun 1971 sebuah perusahaan Inggris, Chubbs membeli NV Lips en Gispen dan merubah namanya menjadi Chubb Lips Nederland BV.
Pintu ruang Kluis maupun brandkast dengan merk Lips sangat populer dalam dunia perbankan tempo dulu karena merupakan bagian dari warisan kolonial Belanda. Hingga saat ini pun pintu ruang Kluis dan brandkast produksi Lips masih digunakan oleh beberapa Bank yang mempunyai tradisi sejarah yang panjang karena kekokohan dan kekuatannya.
Arsip sejarah Lips yang berkaitan dengan penyediaan brandkast, SDB, pintu Kluis dan lemari besi di Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM), Factorij Batavia dan Medan tahun 1929-1930, saat ini masih tersimpan rapi di kota Dordrecht, Belanda dengan volume arsip 26 meter linier (kode arsip nomor 312 dan 313).
Para pengunjung Museum Bank Mandiri dapat masuk ke dalam ruang Kluis ini dan melihat berbagai koleksi di dalamnya.
Pengunjung pun dapat mencoba mengoperasikan panel pintu Kluis ini, baik dengan cara memutarnya maupun melalui sistem waktu. ***

0 komentar:

Posting Komentar