Jumat, 13 Juli 2012

Ruang Kluis Museum Bank Mandiri

Ruang Kluis atau Khasanah (Vault/Strong Room) adalah sebuah area bangunan atau ruangan dengan konstruksi baja yang sagat kuat. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat menyimpan uang kas dan surat-surat berharga milik Bank maupun surat-surat serta barang-barang berharga milik nasabah, seperti emas, berlian dan permata.
Jenis Kluis di Museum Bank Mandiri terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Boeken Kluis atau Ruang Kluis dengan ukuran kecil berjumlah delapan buah menyebar di Lantai Dasar dan Lantai I dengan luas ruangan rata-rata 7,8 m² dan ruang Kluis Utama di Lantai Bawah (basement).
Kluis Utama yang berada di Lantai Bawah mempunyai luas 924 m². Ketebalan dinding luarnya 100 cm sehingga tembok ruangan ini lebih kuat dari tembok gedungnya sendiri dan berfungsi sebagai penopang lantai di atasnya. Dalam ruang Kluis Utama terdiri dari tiga area, yaitu ruang penyimpanan surat-surat berharga (Effecten Kluis), ruang penyimpanan uang (Kast Kluis) dan ruang SDB dengan kapasitas 2.000 loker yang disewakan kepada nasabah. SDB ini mempunyai sistem dua kunci yang dipegang oleh pihak Bank dan nasabah penyewa SDB. Selain itu, di sisi selatan ruang Kluis Utama terdapat fasilitas private room (kamar pribadi) sebanyak 12  kamar untuk digunakan para nasabah SDB dan aneka koleksi brandkast tempo dulu.
Lazimnya sebuah Kluis yang dilengkapi dengan pintu yang kokoh, di ruangan ini terdapat tiga buah pintu baja berat antara 5-6 ton serta dua buah pintu ventilasi udara dengan berat 3-4 ton.



Untuk menjaga keamanan ruang Kluis ini, setiap pintu Kluis dilengkapi dengan dua metode penguncian pada masing-masing pintunya. Penguncian pertama menggunakan cara pemutaran kunci kombinasi berupa angka rahasia dan jumlah putaran tertentu. Penguncian kedua menggunakan sistem waktu (timer) yang digerakkan oleh 3 buah jam mekanik yang dihubungkan dengan mekanisme penguncian pintu Kluis.
Para pengunjung Museum Bank Mandiri dapat masuk ke dalam ruang Kluis ini dan melihat berbagai koleksi di dalamnya. Pengunjung pun dapat mencoba mengoperasikan panel pintu Kluis ini, baik dengan cara memutarnya maupun melalui sistem waktu. ***

0 komentar:

Posting Komentar