Jumat, 10 Agustus 2012

Bakmi Kethoprak

Bakmi Kethoprak merupakan makanan khas masyarakat Surakarta atau sering disebut sebagai Wong Solo. Bakmi kethoprak merupakan campuran dari bakmi, kol, tauge, tahu, tempe, kacang dan daging sapi (sandung lamur atau koyor). Campuran ini lalu diberi kuah seperti halnya soto atau bakso.
Tapi tahukah Anda, sejarah asal mulanya makanan bakmi kethoprak itu? Asal mula bakmi kethoprak ini tidak lepas dari keberadaan Taman Balekambang yang berdiri di Kota Solo. Pada tahun 1970, ketika kethoprak Taman Balekambang masih eksis, banyak ibu-ibu atau perempuan setengah baya yang jualan bakmi kuah di sekitar gedung pertunjukan kesenian rakyat “kethoprak”. Memang santai sekali, makan bakmi kethoprak dengan kuah panas sambil lesehan sembari nonton kethoprak.
Lama kelamaan, yang namanya bakmi tersebut dinamakan bakmi kethoprak lantaran banyaknya ibu-ibu atau perempuan paruh baya yang berjualan bakmi di sekitar atau kiri-kanan gedung kethoprak Taman Balekambang. Sekarang, makanan ini termasuk makanan favorit bagi wong Solo dan sekitarnya, dan banyak dijumpai di Kota Solo. ***





0 komentar:

Posting Komentar