Selasa, 07 Agustus 2012

Museum Negeri Provinsi Papua

Museum Negeri Provinsi Papua telah dirintis sejak tahun 1981/1982 oleh Kepala Bidang Permuseuman Sejarah dan Kepurbakalaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Perwakilan Papua. Pada tahun 1987 Museum Negeri Provinsi Papua sudah melakukan kegiatan pelayanan untuk masyarakat. Museum merupakan salah satu obyek budaya yang lokasinya yang sangat strategis berada di kawasan wilayah Kota Jayapura atau tepatnya di Jalan Raya Sentani Km 17,8 Waena, Jayapura.


Salah satu tugas dan fungsi Museum Negeri Provinsi Papua adalah sebagai lembaga pendidikan dan studi wawasan budaya bangsa serta pusat iinformasi yang bersifat edukatif Kultur Papua.
Museum Negeri Provinsi Papua memiliki arsitektur khas rumah masyarakat Papua yang dipadukan dengan arsitektur model kini. Museum ini memiliki beberapa fasilitas penunjang dalam menyelenggarakan permuseuman, yaitu: Ruang Lobby, Ruang Pamer Tetap, Ruang Audiovisual, Ruang Kantor UPTD Museum beserta fasilitas penunjang lainnya, termasuk halaman museum yang sangat luas yang bisa dipergunakan untuk kegiatan pendukung permuseuman.
Museum Negeri Provinsi Papua saat ini memiliki 3.619 koleksi benda budaya yang terdiri: koleksi prasejarah, arkeologis, etnografi, seni rupa, numismatik-heraldika, keramologika, geologi, bilogi dan relik sejarah. *** [030812]

                                                                      

0 komentar:

Posting Komentar