Minggu, 23 September 2012

Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji didirikan pada tanggal 13 April 1987 oleh Ismail (selaku Gubernur Jawa Tengah) atas prakarsa Suparjo Rustam (selaku Mendagri) dan Surono (selaku Menkopolkam) bertempat di  Pendopo eks  Kawedanan Kutoarjo dan merupakan Museum Tosan Aji Jawa Tengah yang berlokasi di Kabupaten Purworejo.
Pada tanggal 10 Juni 2001, museum dipindahkan di eks Gedung Pengadilan Negeri Kabupaten Purworejo yang terletak di Jalan Mayjend Sutoyo No. 10 Purworejo. Sedangkan Pendopo eks Kawedan Kutoarjo hingga kini digunakan sebagai rumah dinas Wakil Bupati Purworejo.
Museum merupakan tempat mengumpulkan, menyiainympan, merawat, mengamankan, melestarikan, dan sekaligus memamerkan benda-benda yang bernilai penting tentang warisan budaya bangsa maupun warisan alam untuk kepentingan pendidikan, penelitian/pengkajian ilmu pengetahuan sekaligus rekreasi dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.



Tosan Aji diartikan masyarakat sebagai senjata terbuat dari logam besi yang mempunyai kedudukan terhormat pada pandangan mata masyarakat terutama pada masa lampau.
Sehingga, Museum Tosan Aji merupakan museum khusus yang hanya menyajikan satu jenis koleksi yaitu Tosan Aji. Akan tetapi pada perkembangannya, Museum Tosan Aji tidak hanya menampilkan koleksi Tosan Aji saja, namun juga menampilkan berbagai koleksi Benda Cagar Budaya yang banyak ditemukan di wilayah Kabupaten Purworejo, baik pada masa prasejarah maupun masa klasik. Koleksi pusaka yang dimiliki lebih dari 1.000 bilah terdiri dari keris, pedang, tombak, kujang/kudi, cundrik, granggang yang berasal dari masa Kerajaan Pajajaran, Majapahit hingga sekarang, dan tersimpan pula benda-benda cagar budaya lainnya seperti gamelan kuno Kyai Cokronegoro, hadiah dari Sri Susuhunan Paku Buwono VI kepada Bupati Purworejo I (± 1380 M), prasasti, arca, lingga, yoni, fragmen, lumpang, guci, beliung, batu gong, gerabah, menhir, dan fosil.



Selain itu, museum ini juga menyimpan koleksi kuno berupa pedang Majapahit, samurai yang tebuat pada tahun 1538 dan 1817.
Untuk meningkat mutu pelayanan kepada masyarakat, Museum Tosan Aji selain mengadakan pameran tetap, bekerjasama dengan Dinas/Instansi terkait dan Lembaga Swadaya Masyarakat serta organisasi kemasyarakatan Paseban Risang Aji, mengadakan kegiatan Museum Masuk Sekolah, workshop, penelitian dan pengkajian koleksi museum, serta lomba-lomba bertemakan permuseuman dan sebagainya.
Selain itu, Museum Tosan Aji pada setiap tanggal 1 Muharam/1 Syuro mengadakan kegiatan Jamasan Tosan Aji dan Ruwatan Massal yang didahuli dengan kegiatan Kirab Pusaka Kabupaten Purworejo pada malam 1 Syuro serta melayani jamasan pusaka dari masyarakat luas. *** [220912]

0 komentar:

Posting Komentar