Selasa, 27 November 2012

Gereja Gembala Baik

Gereja Gembala Baik terletak di Jalan Pangsuma No. 2 Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat atau tepatnya berada di depan Pelabuhan Sheng Hie.
Sebelum berdiri gereja, bangunan ini adalah rumah kediaman Than Seng Hie, seorang pedagang China. Dulu, bagian depan bangunan ini menghadap ke utara atau menghadap ke arah Sungai Kapuas. Sekitar tahun 1930-an, tanah dan bangunan milik Than Seng Hie dijual kepada pihak keuskupan. Pada masa Prefektur Apostolik Dutch Borneo/Vikaris Dutch Borneo Giovanni Pacificio Bos, O.F.M. Cap (10 April 1905 – 1934). Bangunan ini kemudian digunakan menjadi RC Vicarage and Chineseschapel.


Berdasarkan Platte Grond Van de Hoofdplaats Pontianak, 1 Maret 1934 (Peta Pontianak 1934), bangunan gereja ini berada tak seberapa jauh dari voorstraat-sulthan weg (sekarang Jalan Tanjungpura), dan tidak seberapa jauh juga terdapat Capitol Cinema Wooning blokken in de Toko wijken/Residential block in commercial quarter (batas kawasan ruko).


Setelah mengalami renovasi dan pemugaran besar-besaran sekitar tahun 1980-1981, bangunan depan dan pintu menjadi menghadap ke barat. Pada bangunan yang telah mengalami pemugaran, kini pintu tersebut berada di sebelah kiri gereja dari arah pintu masuk, dan menjadi salah satu bagian yang memisahkan ruang utama dengan ruang yang berada di samping kiri.
Bangunan gereja dan Pastoran Katholik Gembala Baik seperti yang tampak sekarang ini, selesai dibangun pada Juni 1981. Upacara pemberkatan atau peresmiannya dilaksanakan pada 28 Juni 1981 oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr Hieronymus Herculanus Bumbun, O.F.M. Cap. *** [151112]

Kepustakaan:
  • Borneo Tribune edisi Selasa, 13 November 2012 hal. 1 dan 11.



0 komentar:

Posting Komentar