Senin, 26 November 2012

SD Negeri 14 Pontianak

Zaman sudah berubah. Bangunan-bangunan yang bermunculan semakin modern, tak terkecuali gedung sekolah. Bahan bangunan lebih mengedepankan beton yang kokoh, namun tidak dengan SD Negeri 14 Pontianak. Bangunan SD ini masih menunjukkan keasliannya semenjak didirikan pada tahun 1902 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Bangunan tersebut tampak unik mengingat keseluruhan bangunannya terbuat dari bahan kayu belian yang kesohor akan mutu kayunya untuk sebuah bangunan.
Bangunan berbentuk panggung memanjang ini menghadap ke barat laut, dengan atap berundak dua dan jendela yang berukuran besar. Sebuah pola arsitektur Belanda yang mengedepankan sirkulasi udara. Tak heran, di usia bangunannya yang telah tua ini, masih tegak berdiri.


SD Negeri 14 Pontianak berada di Jalan Tamar, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Berat.  Menurut sejarahnya, bangunan kuno ini dulunya adalah Hollandsch Inlandsche School (HIS). Pemerintah Hindia Belanda mendirikan HIS atau setingkat SD sekarang, bertujuan untuk mengadakan pendidikan volkschool. Awalnya, hanya untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka. Baru pada tahun 1928, Pemerintah Hindia Belanda membuka diri dengan memperbolehkan orang pribumi untuk bersekolah di HIS tersebut. Namun masih sebatas memperbolehkan anak-anak petinggi dan pejabat saja. Sedangkan anak-anak pribumi yang berasal dari kebanyakan tidak diperbolehkan. Baru pada tahun 1950 usai Indonesia mengalami kemerdekaan, masyarakat umumnya diperbolehkan dan memiliki kesempatan yang sama dengan yang lainnya dalam mengenyam pendidikan.


SD ini pernah mengalami beberapa kali renovasi, namun peruntukkannya masih tetaplah sama yaitu untuk tempat proses belajar setingkat SD. Keaslian bangunan ini tetap dipelihara dan dijaga, dan Pemkot Pontianak memasukkan bangunan kuno nan penuh sejarah ini sebagai benda cagar budaya yang harus dilindungi berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya, bahkan di depan SD ini juga dipasang papan yang mengukuhkan bahwa SD Negeri 14 Pontianak ini merupakan benda cagar budaya. *** [151112]

2 komentar: