Senin, 08 Juli 2013

Rumah Informasi Taman Prasejarah Leang-Leang

Rumah Informasi Taman Prasejarah Leang-Leang terletak di Dusun Panaikung, Desa Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.  Sesuai dengan namanya, Rumah Informasi ini didirikan untuk tempat penyimpanan benda-benda cagar budaya yang diketemukan di Situs Leang-Leang, baik pada waktu diketemukan pertama kali oleh dua arkeolog berkebangsaan Belanda, Van Heekeren dan Ny. Heeren Palm, kegiatan pemugaran maupun yang diketemukan oleh masyarakat, dan juga untuk menyimpan benda-benda cagar budaya karena pertimbangan keamanan serta untuk kegiatan administrasi. Sehingga, Rumah Informasi Taman Prasejarah Leang-Leang bisa diistilahkan sebagai site museum.


Menurut informasi dari salah seorang petugas Rumah Informasi, diketahui bahwa Rumah Informasi dibangun pada tahun 2011 berbentuk rumah tradisional Sulawesi Selatan dengan gaya arsitektur tradisional berupa rumah panggung. Rumah berwarna coklat muda ini memiliki ukuran panjang 10 meter, lebar 8 meter, dan tinggi sekitar 3 meter.
Site museum yang terletak di dalam Taman Prasejarah Leang-Leang, meskipun tidak seluas museum pada umumnya namun minimal bisa dijadikan sebagai information centre bagi para pengunjung, baik pengunjung umum maupun peneliti, kendati di dalamnya juga terpajang sejumlah temuan yang ada di kawasan Leag-Leang ini. *** [220613]

0 komentar:

Posting Komentar