Selasa, 06 Agustus 2013

SDN Kampung Kelor 1

SD Negeri Kampung Kelor 1 terletak di Jl. MH Thamrin Km. 8 RT.001 RW.001 Desa Kampung Kelor, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Sebelum adanya pemekaran wilayah, daerah ini dulu termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sepatan. Lokasi bangunan SD sekitar 2 m sebelah timur Kantor Desa Kampung Kelor, dan menghadap ke Barat. Saat ini, SD ini memiliki jumlah siswa sebanyak 416 murid, yang terdiri atas 189 laki-laki dan 227 perempuan.
SD Negeri Kampung Kelor 1 termasuk sekolah tertua yang ada di wilayah Sepatan Timur yang dibangun pada tahun 1941. Semasa pendudukan Jepang di Indonesia pada tahun 1942, sekolah ini ditutup karena tidak diperbolehkan menyelenggarakan pendidikan seperti biasa oleh Pemerintah Jepang dengan alas an yang tidak jelas. Baru pada tahun 1951 setelah Indonesia merdeka, sekolah ini dibuka kembali hingga kini.
Awalnya, bangunan sekolah ini menggunakan bahan material seadanya, seperti tiang dari bambu dengan pagar bilik anyaman bambu dan beratapkan daun kirai. Guru yang mengajar pun diambilkan dari orang-orang yang sekadar bisa membaca dan menulis saja. Setelah itu, ada secercah harapan dari pengangkatan mutu guru yaitu guru-guru tersebut disekolahkan ke SGB.


Seiring perkembangan zaman, bangunan sekolah yang dulunya berukuran 6 x 7 m mengalami perubahan dari sebelumnya. Dulu yang hanya terbuat dari bambu, kini berubah menjadi bangunan yang berbahan dasar batu, pasir dan semen. Dulu hanya memiliki satu ruangan, lalu beertambah menjadi 3 ruang kelas, kemudian menjadi 5 ruang kelas, dan kini memiliki 8 ruang kelas beserta kantor kepala sekolah.
Sebelumnya, SD Negeri Kampung Kelor 1 mempunyai rumah dinas yang diperuntukan bagi guru dan kepala sekolah, namun rumah dinas tersebut telah ambruk karena sudah tua dan kurangnya perawatan. Akhirnya, rumah dinas tersebut tidak dibangun kembali.
SD Negeri Kampung Kelor 1 memiliki lahan seluas 3.000 m². Selain berdiri bangunan SD, beberapa meter terpakai untuk bangunan masjid dan Kantor Kepala Desa. Ihwal keberadaan tanah yang menjadi lokasi sekolah ini belum ada yang mengetahui dengan jelas dari mana tanah tersebut atau siapa sebenarnya yang menghibahkan tanah tersebut.
Seiiring perjalanan waktu, SDN Kampung Kelor 1 telah mengalami pergantian kepala sekolah sebanyak 7 kali sejak berdiri hingga kini. Adapun kepala sekolah yang pernah bertugas di sekolah ini, yaitu: Marjuk, Muslim, Rusmana, Wagimin, Utardi, Sarodi dan Mujiati. *** [240713]

0 komentar:

Posting Komentar