Minggu, 03 November 2013

Gedung Bundar Cirebon

Gedung Bundar adalah bangunan tua berbentuk bundar yang terletak di Lapangan atau Taman Kebumen Talang, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya tepat berada di depan SMPN 16 Cirebon.
Gedung ini berukuran kecil, berbentuk persegi enam simetris, dan beratap seng mengerucut, dengan sebuah pintu masuk yang rendah di salah satu sudutnya. Namun sayang, tembok bangunan ini penuh coret-coretan yang berasal dari ulah tangan iseng.


Gedung ini dibangun oleh Belanda pada 1920. Konon ceritanya, bangunan ini dipergunakan untuk memantau laut. Kala itu, memang arah memandang ke laut masih terbuka lebar, karena saat dibangun pada 1920 belum banyak bangunan tinggi seperti sekarang ini.
Gedung yang dibangun dia areal seluas 634 m² ini, berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Cirebon Nomor  19 Tahun 2001 ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB). Sebagai konsekuensinya, bangunan ini dilindungi juga oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya. Seharusnya, gedung ini harus steril dari berbagai coretan yang merusak pemandangan untuk gedung tersebut.
Bila hal ini dibiarkan terus, bukan mustahil “roh” pariwisata yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Cirebon akan cidera dengan sendirinya.  *** [271013]

0 komentar:

Posting Komentar