Kamis, 06 Februari 2014

Sejarah Singkat Desa Ketapanrame

Desa Ketapanrame merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa pegunungan, yaitu sekitar 700 – 1.200 meter di atas permukaan air laut. Berdasarkan keadaan geografis desa, curah hujan rata-rata mencapai 3.000 mm dengan suhu antara 18° - 25° C, yang menjadikan desa Ketapanrame sebagai sasaran para pemilik modal untuk membeli tanah-tanah milik masyarakat desa untuk di jadikan perumahan, villa dan hotel
Berdasarkan data administrasi pemerintahan Desa Ketapanrame tahun 2010, jumlah penduduknya adalah 4.946 orang dengan jumlah 1.548 KK dengan luas wilayah 346,460 hektar. Desa Ketapanrame terdiri atas tiga dusun, yaitu Dusun Ketapanrame, Dusun Sukorame, dan Dusun Slepi. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian dalam perdagangan, baik kecil maupun sedang.
Jarak tempuh Desa Ketapanrame ke ibu kota Kecamatan Trawas yaitu sekitar 4 kilometer. Sedang jarak ke ibu kota Kabupaten Mojokerto adalah sekitar 40 kilometer.
Secara adminstratif, Desa Ketapanrame dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Kesiman. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Trawas. Di sisi selatan berbatasan dengan hutan, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan.
Dalam Profil Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, yang disusun oleh Tim Perumus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Des) Tahun 2012 – 2016, dikisahkan bahwa semenjak masih banyak kerajaan di Jawa Timur, daerah ini merupakan suatu wilayah tempat bertapa yang sangat ramai dikunjungi oleh para pertapa. Pertapa menyukai daerah ini karena terletak di lereng Gunung Welirang yang berhawa sejuk, dengan suasana gemercik air yang mengalir dari pegunungan. Dan pada saat itu, secara kepercayaan, gunung dianggap tempat yang baik untuk pemujaan. Bermula dari kondisi daerah seperti itu pada zaman dulu, maka daerah tersebut akhirnya dinamakan Desa Ketapanrame. Ketapanrame berasal dari kata pertapaan dan kata ramai.  ***

0 komentar:

Posting Komentar