Kamis, 22 Mei 2014

Hotel Salak The Heritage

Hotel Salak The Heritage atau yang biasa disebut dengan Hotel Salak merupakan salah satu hotel yang berada di Kota Bogor. Sesuai namanya, hotel ini menyimpan memori akan nilai historis yang dimilikinya.
Hotel Salak terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 8 Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Provinsi Jawa Barat. Lokasi hotel ini bersebelahan dengan Balaikota Bogor dan menghadap ke Istana Bogor.
Awalnya hotel ini bernama Hotel Dibbets yang didirikan oleh J. Dibbets pada tahun 1856. Lalu, pada tahun 1870 hingga tahun 1880 hotel ini diperlebar dan menjadi dua lantai. Hotel ini dibangun untuk tempat menginap tamu-tamu yang berkunjung ke istana maupun Kebun Raya Bogor.


Pada masa pendudukan Jepang (1942-1945), bangunan hotel ini pernah dijadikan sebagai Markas Kempetai (Polisi Militer Jepang). Setelah Indonesia merdeka, hotel ini kemudian diserahkan kepada Pemerintah Indonesia, dan pada tahun 1948 nama hotel itu diganti dengan nama Hotel Salak yang mengambil nama dari Gunung Salak sebagai gunung terbesar di Bogor.
Sekarang, nama hotel ini ditambahkan dibelakangnya dengan kata “The Heritage” sehingga nama resminya menjadi Hotel Salak The Heritage. Kata “The Heritage” tersebut sesungguhnya untuk menyatakan kepada khalayak bahwa hotel ini memang merupakan salah satu heritage yang ada di Kota Bogor.
Hotel yang memiliki luas bangunan 1.205 m² dan berdiri di atas lahan seluas 8.227 m² ini berstatus kepemilikan di tangan yayasan.
Hotel yang mengusung nuansa heritage ini memang tepat dengan nilai historis yang dimilikinya serta sekaligus keberadaan lokasinya yang memang terletak di kawasan heritage utama Kota Bogor. *** [120514]

0 komentar:

Posting Komentar