Jumat, 04 Maret 2016

Gedung PT Eskaha Jakarta

Menyusuri Kota Tua Jakarta (Oud Batavia) laksana bernostalgia dengan suasana Eropa. Banyak gedung peninggalan kolonial masih berdiri di kawasan tersebut. Salah satunya adalah bangunan lawas yang berada di pojok, pertemuan antara Jalan Bank dengan Jalan Kali Besar Timur.
Sesuai dengan tulisan kecil yang terpasang di depan pintu yang menghadap ke Kali Besar, gedung ini merupakan gedung PT Eskaha. Gedung ini terletak di Jalan Kali Besar Timur No. 1-2 Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Lokasi gedung ini terletak di sebelah selatan Toko Amal, atau di sebelah utara Museum Bank Indonesia.


Bangunan dua lantai dengan cat warna coklat pada lantai atasnya ini, dulunya merupakan Kantor Asuransi Langeveldt-Schröder (Assurantiekantoor Langeveldt- Schröder). Kantor Asuransi Langeveldt-Schröder pusatnya ada di Rotterdam, Belanda, sedangkan yang berada di Kota Tua merupakan salah satu kantor cabang yang berada di Hindia Belanda, yang bergerak dalam jasa keuangan di bidang asuransi dan dana pensiun.
Tak banyak informasi yang menerangkan keberadaan maupun kiprahnya. Kapan dibangunnya masih menjadi misteri, akan tetapi sebuah foto jadul yang diperkirakan dibuat pada tahun 1923 memperlihatkan bahwa kantor asuransi ini pernah membuka stand di Pasar Gambir, atau De stand van Langeveldt-Schröder Assuradeuren op de Pasar Gambir in Batavia. Selain itu, gedung ini juga pernah difungsikan sebagai gudang kakao oleh Kerkhoff, Kerstholt & Co., sebuah perusahaan importir hasil perkebunan.
Sekarang ini, gedung tua ini dikenal dengan sebutan gedung PT Eskaha. Karena terakhir yang menempati gedung ini adalah PT Eskaha. PT Eskaha ini merupakan sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam aktivitas bisnis  kimia  dan pembuatan plastik.
Gedung PT Eskaha ini tergolong unik. Di antara deretan gedung peninggalan kolonial Belanda yang megah dengan memakai konstruksi beton yang kokoh, gedung PT Eskaha malah menggunakan konstruksi bangunan yang didominasi oleh bahan dari kayu (houten bovenbouw), sehingga dari kejauhan kelihatan seperti rumah panggung. *** [250216]

0 komentar:

Posting Komentar