Jumat, 08 April 2016

Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara lahir dengan nama RM Suwardi Suryaningrat pada tanggal 2 Mei 1889. Ayahnya bernama Pangeran Ario Suryaningrat dan ibunya bernama RA Sandiah (BRA Suryaningrat).
Tanggal 3 Juli 1922, Ki Hadjar Dewantara mendirikan Taman Siswa. Melalui perguruan Taman Siswa ini beliau berusaha menanamkan rasa kebangsaan di hati siswanya dengan semboyan “Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani”, artinya “di depan memberi teladan, di tengah menghidupkan gairah, di belakang memberikan pengarahan.”
Pada saat pendudukan Jepang di Indonesia, Ki Hadjar Dewantara aktif di PUTERA kemudian di Jawa Hookokai dan ketika BPUPKI dan PPKI dibentuk beliau diangkat menjadi anggotanya. Setelah Proklamasi Kemerdekaan, beliau diangkat menjadi Menteri Pengajaran Republik Indonesia yang pertama.
Ki Hadjar Dewantara wafat pada 26 April 1959 di Yogyakarta. Sejak tahun 1959, tanggal kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional dan pada tahun 1977 Tut Wuri Handayani dicantumkan sebagai lambang Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber:
Museum Perumusan Naskah Proklamasi Documentary Board

0 komentar:

Posting Komentar