Jumat, 29 Juni 2012

Masjid Kuno Kaujon

Secara administratif, Masjid Kuno Kaujon terletak di Kaujon RT.01 RW.01 Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Masjid Kuno Kaujon berdiri di atas pondasi masif yang tingginya 60 cm. Adapun luasnya adalah 703 m². Ruang utama yang berbentuk empat persegi dengan ukuran  10 m x 10 m, ditopang oleh empat buah tiang kayu /soko guru di bagian bawahnya terdapat empat buah umpak batu berbentuk labu. Mihrab terdapat pada dinding sebelah barat berupa ruang yang menjorok ke dalam.


Di bagian atas mihrab terdapat motif hias berbentuk sulur, bagian kiri dan kanan diapit pilaster ganda dengan motif-motif panil yang bagian atasnya diberi motif hias berbentuk buah nanas.  Masjid Kuno Kaujon ini memiliki bentuk atap bertingkat atau tumpang bersusun tiga. Atap tingkat tiga memiliki mustoko di bagian atasnya. Seluruh kerangka atap ditutup oleh genting yang terbuat dari terakota.


Pada ragam hias arsitektural, pengaruh lokal terlihat pada komponen pelipit dan mustoko/memolo. Pelipit biasa dijumpai pada bangunan candi, sementara mustoko banyak dijumpai pada bangunan tradisional jawa.


Menurut sesepuh yang ada di sekitar masjid ini, Masjid Kuno Kaujon jauh lebih tua dari usia jembatan Kaujon yang dibangun pada tahun 1875. Meski tidak seorang pun mengetahui kapan pendiriannya, masjid ini tergolong kuno karena masuk ke dalam daftar cagar budaya Provinsi Banten, yang keberadaannya dilindungi Undang-undang No. 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya. *** [230612]

0 komentar:

Posting Komentar