Jumat, 13 Juli 2012

Kemegahan Ubin Lantai dan Ubin Tembok

Gedung Nenderlandsche Handel Maatschappij (NHM) di Batavia, interior dan furniturenya dirancang oleh Anthonie Pieter Smits (1881-1957) dengan asistennya Maurits Bruno Tideman (1888-1969). Bangunan ini memiliki arsitektur Indisch bergaya Nieuw-Zakelijk. Setelah masuk ke dalam gedung yang kini menjadi Museum Bank Mandiri, kita dapat melihat keragaman dan kemegahan ubin lantai maupun ubin dindingnya yang terbuat dari bahan kaca, semen, kayu dan beton dengan berbagai ukuran, bentuk dan motif.
Ubin kaca (glasmozaik tegels) berukuran 5 cm x 5 cm x 1 cm yang khusus didatangkan dari perusahaan tegel ternama “Gianese Angelo” dari Venesia, Italia, digunakan untuk ubin lantai (2.050 m² dan ubin dinding (1.018 m²) di area Public Hall Lantai Dasar, Ruang Rapat Utama, Ruang Direksi dan sepanjang koridor Lantai 1. Motif ubin kaca ini sangat bervariasi dan indah. Pada tangga yang mengarah ke ruang rapat Lantai I dan ruang rapat terdapat ornamen ubin kaca berwarna emas (spiegelglas) ukuran 1 cm x 1 cm mempunyai ketebalan 5-8 mm berwarna terang dan bersinar

.

Untuk seluruh lantai ruangan kerja dan tepi bawah dinding menggunakan ubin Semen Portland berwarna polos dengan kualitas bermutu berukuran 20 cm x 20 cm x 3 cm. Total luas ubin semen ini mencapai 14.732 m² dengan komposisi warna 60% abu-abu, 20% merah dan 20% tegel hitam. Tegel untuk sepanjang tepi bawah dinding berwarna hitam berukuran 20 cm x 15 cm dengan sisi yang dimiringkan.
Juga terdapat jenis ubin kayu jati berukuran persegi panjang 7 cm x 17 cm x 5 cm di ruang percetakan. Fungsi ubin dari bahan kayu jati ini untuk mencegah cetakan huruf (Lettering Block) apabila jatuh ke lantai tidak rusak. Adapun ubin kayu jati berbentuk bulat berdiameter 17 cm dengan ketebalan 3 cm digunakan di ruang pengepakan untuk menjaga agar kondisi kertas hasil cetakan tidak lembab. Semua ubin kayu proses pengeringan supaya tidak bergetah.
Adapun jenis lainnya adalah ubin beton berukuran 60 cm x 60 cm x 6 cm yang digunakan di bagian pinggiran taman dalam gedung. ***

0 komentar:

Posting Komentar