Sabtu, 29 September 2012

Kantor Bondo Lumakso

Kantor Bondo Lumakso terdapat di luar tembok Kraton Kasunanan Surakarta. Awalnya, Kantor Bondo Lumakso didirikan pada tahun 1901, menempati salah satu ruangan yang ada di Societet  Habiproyo yang terletak di Jalan Singosaren (sekarang menjadi Jalan Gatot Subroto), tepatnya berada di sebelah utara Plasa Singosaren (Matahari Singosaren) atau termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Kemlayan Kecamatan Serengan, Surakarta.


Namun, pada tahun 1917 Bondo Lumakso dipndahkan ke gedung sendiri yang berada di Jalan Untung Surapati No. 4 RT.04 RW.03 Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, tepatnya berada di belakang Kantor Polsek Pasar Kliwon atau sebelah timur Sitihinggil Alun-Alun Utara.
Kantor ini dibangun sebagai bank dan tempat untuk menggadaikan barang bagi masyarakat di lingkungan tembok kraton (Baluwarti) maupun masyarakat pada umumnya. Tujuannya utamanya pada saat itu sebagai upaya mencegah maraknya praktek rentenir yang dilakukan oleh etnis Tionghoa pada saat itu.
Ciri-ciri bangunan kolonial juga terdapat pada bangunan ini. Hal tersebut terlihat jelas pada pintu masuk utama bangunan ini, yaitu dengan digunakannya kolom-kolom tinggi, dan pintu serta jendela berukuran besar. Pada bagian atas dari atap kanopi terdapat ornamen dan lambang Kraton Kasunanan Surakarta.
Kini, Kantor Bondo Lumakso akan dijadikan Stasiun Radio PP dengan semboyan "Inovatif Berbudaya", yang akan mengudara di frekuensi 8,19 AM Stereo. ***



1 komentar: