Senin, 03 Desember 2012

Candi Dawangsari

Bila Anda ingin mengunjungi situs Candi Dawangsari, pastikan dulu bahwa kendaraan yang akan dipergunakan untuk menuju lokasi haruslah benar-benar fit, mengingat lokasi situs tersebut berada di ketinggian bukit. Dan, sepintas Anda akan tidak menyangka akan bisa melihat lokasi situs tersebut, karena kebanyakan mereka yang pergi ke lokasi tersebut biasanya langsung melihat Candi Barong yang megah bak benteng di atas bukit. Padahal, sebelum kita memarkir kendaraan atau lapor kepada petugas yang menjaga situs tersebut, di situlah lokasi Candi Dawangsari berada.


Candi Dawangsari terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, atau berseberangan dengan lokasi Candi Barong.
Situs candi ini kini hanya menyisakan reruntuhannya saja. Di antara reruntuhan batu candi, terdapat beberapa batu yang berbentuk melingkar yang mengidentifikasikan bentuk dari sebuah stupa, dan bisa dipastikan dahulu candi ini digunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha.


Kerukunan umat beragama sudah dijalani sejak dulu oleh bangsa kita, terlihat dari Situs Dawangsari yang menganut agama Buddha dengan Candi Barong yang beragama Hindu, keduanya hidup rukun berdampingan. *** [270412]

0 komentar:

Posting Komentar