Senin, 04 Februari 2013

Tari Melinting

Tari Melinting merupakan tari adat tradisional keagungan Keratuan Melinting, yang diciptakan oleh Pangeran Panembahan Mas, Ratu Melinting. Tari ini biasanya dipentaskan pada saat acara Gawi  Adat (Begawi) sebagai tari tradisional lepas, untuk hiburan pelengkap pada saat acara Gawi Adat.
Konon, tari melinting ini merupakan tarian Keluarga Ratu Melinting dan hanya dipentaskan oleh Keluarga Ratu saja di tempat yang tertutup seperti sessat atau balai adat. Sehingga, bukan sembarang orang yang boleh mementaskannya. Penarinya hanya sebatas pada putra-putri Ratu Melinting, dan hanya dipertunjukkan pada saat Gawi Adat Keagungan Keratuan Melinting.
Busana yang dikenakan oleh para penari ini sangatlah khas.  Penari wanita mengenakan Siger Melinting, cadar warna merah dan putih, kebaya putih tanpa lengan, tapis melinting, rambut cemara panjang, kipas warna putih, gelang ruwi dan gelang kano.
Sedangkan, penari pria memakai kopiah emas melinting, baju dan jung sarat yang diselempangkan, baju teluk belanga, kain tuppal disarungkan, kipas warna merah, bulu seretai, sesapur handak putih, bunga pandan, dan celana panjang putih. ***

0 komentar:

Posting Komentar