Senin, 29 April 2013

Sejarah Singkat Desa Sidodadi

Desa Sidodadi merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Desa ini terletak pada koordinat 05° 08' 699" LS dan 105° 24' 385" BT, dan terdiri atas 4 dusun, yaitu: Dusun I, Dusun II, Dusun III dan Dusun IV.
Desa Sidodadi, saat ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.878 orang dengan jumlah 1.039 KK, yang tersebar di empat dusun yang ada. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani yang didukung oleh lingkungan alam yang menopang pertanian, utamanya adalah sawah beririgasi.
Lokasi desa ini tidak terlalu jauh dengan ibu kota Kecamatan Sekampung, yaitu sekitar 2,5 Km, sedang jarak ke ibu kota Kabupaten Lampung Timur adalah sekitar 30 Km.


Dalam Profil Desa Sidodadi, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, yang disusun dalam rangka untuk mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampung Timur Tahun 2009, disebutkan bahwa Desa Sidodadi dibuka pada tahun 1941 oleh Pemerintah Belanda yang dikenal dengan zaman Kolonisasi. Kala itu, daerah tersebut masih berupa hutan belantara sehingga belum memiliki nama.
Baru setelah hutan belantara tersebut dibuka oleh rombongan yang dikepalai oleh Adenan, dan ditanami apa saja yang dapat menghasilkan hasil pertanian maka daerah tersebut diberi nama Bedeng 53. Bedeng 53 ini diberikan setelah diurutkan dalam pembukaan lahan. Namun, lambat laun nama Bedeng 53 ini berubah menjadi Desa Sidodadi dengan Kepala Desa yang pertama adalah Poncodiharjo. *** (300113)

0 komentar:

Posting Komentar