Kamis, 02 Mei 2013

Sejarah Singkat Desa Pelindung Jaya

Desa Pelindung Jaya merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Desa ini terletak pada koordinat 05° 25' 809" LS dan 105° 45' 436" BT, dan terdiri atas 7 dusun, yaitu: Dusun I, Dusun II, Dusun III, Dusun IV, Dusun V, Dusun VI, dan Dusun VII.
Desa Pelindung Jaya, saat ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 5.412 orang dengan jumlah 1.460 KK, yang tersebar di tujuh dusun yang ada. Penduduk Desa Pelindung Jaya terdiri atas beberapa suku, seperti suku Jawa, Lampung, Padang, China dan Banten. Mata pencaharian penduduknya, sebagian besar adalah petani, baik sawah maupun perkebunan, dan sebagian kecil terdiri dari pedagang, jasa dan kerajinan rumah tangga.
Desa yang memiliki luas sekitar 1.240 ha ini berbatasan dengan Desa Way Mili dan Desa Nibung di sebelah Utara, Desa Pempen dan Desa Negeri Agung di sebelah Selatan, Desa Pematang Tamalo di sebelah Barat, dan Desa Karya Tani di sebelah Timur.
Lokasi desa ini tidak terlalu jauh dengan ibu kota Kecamatan Gunung Pelindung, yaitu sekitar 4 Km, sedang jarak ke ibu kota Kabupaten Lampung Timur adalah sekitar 75 Km.
Dalam Monografi Desa Pelindung Jaya, Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur, yang disusun dalam rangka untuk mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampung Timur Tahun 2012, disebutkan bahwa Desa Pelindung Jaya pada awalnya  merupakan daerah umbulan yang bernama Pelindungan, yang pada waktu itu merupakan bagian dari Desa Pempen, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Tengah. Umbulan yang bernama Pelindungan ini dikenal sebagai daerah yang paling aman bagi para pelarian/buronan yang dicari-cari oleh pasukan Belanda atau Jepang. Kala itu, terdapat semacam kepercayaan bahwa siapapun orang yang lari dari kejaran serdadu Belanda atau Jepang kemudian berlindung di Umbul Pelindungan ini pasti akan selamat, dan sejak saat itulah daerah Pelindungan ini mulai dikenal oleh banyak orang, baik dari dalam maupun dari luar daerah.
Seiring perkembangan zaman, pada 23 Juli 1986 daerah Umbul Pelindungan ini dikukuhkan sebagai Desa Persiapan setelah melalui musyawarah desa yang berjalan cukup panjang antara Kepala Desa Pempen (H. Ismail Karim) dengan sejumlah tokoh Desa Pempen, baik tokoh masyarakat maupun tokoh adat. Musyawarah tersebut difasilitasi oleh aparat dari Pemerintah Kecamatan Labuhan Maringgai. Setelah beberapa tahun kemudian, akhirnya Desa Persiapan Pelindung Jaya dimekarkan menjadi Desa Definitif dengan nama Desa Pelindung Jaya pada 25 Maret 19941 dengan H. Yusfik Cikman sebagai Kepala Desa pertamanya. Kepala Desa yang pertama ini menyandang gelar Rajo Intan. *** (200313)

0 komentar:

Posting Komentar