Selasa, 05 November 2013

Gedung Negara Cirebon

Gedung Negara terletak di Jalan Siliwangi No. 14 Kampung Krucuk, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, atau tepatnya berada ujung pertigaan Jalan Siliwangi menuju arah situs Sunan Gunung Jati atau bundaran Krucuk.
Gedung Negara merupakan bangunan kolonial yang dahulu digunakan sebagai tempat peristirahatan para petinggi Hindia Belanda. Sekarang, Gedung Negara ini dipakai sebagai Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Unit Pelayanan Perijinan (Outlet) Wilayah Cirebon Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan sering dijadikan pusat pagelaran kegiatan seni dan budaya tingkat nasional.
Awalnya, bangunan gedung ini adalah Cheribon Residentwoning atau Kantor Karesidenan Cirebon yang dibangun pada tahun 1865. Bangunan ini didirikan semasa kepemimpinan Albert Wilhelm Kinder De Camurecq di Karesidenan Cirebon.


Kondisi bangunan ini masih terjaga keasliannya, hanya dibelakang gedung ini terdapat tambahan bangunan baru. Gedung ini mengalami tiga kali perubahan nama. Hal tersebut menjadikan gedung ini sebagai obyek wisata bangunan tua di Kota Cirebon, mulai Gedung Karesiden Cirebon (1865-1973), Gedung Kantor Pembantu Wilayah III Cirebon (1974), dan kemudian Kantor Badan Koordinator Wilayah Cirebon (2000-sekarang).
Halaman gedung ini sangatlah luas, sehingga halamannya pun sejuk karena banyak tumbuh tanaman besar yang rindang. Di halaman selatan dari bangunan ini terdapat areal yang ditempati sejumlah rusa tutul, yang menambah kondisi di daerah Gedung Negara ini benar-benar menyatu dengan alam.
Berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Cirebon Nomor 19 Tahun 2001, Gedung Negara ini merupakan Benda Cagar Budaya yang ada di Kota Cirebon. Hal tersebut menjadikan gedung ini sebagai objek wisata bangunan tua di Kota Cirebon. *** [271013]

0 komentar:

Posting Komentar