Senin, 27 Januari 2014

Gedung Pertamina UPDN V

Jika melintas Jalan Veteran ke arah Jalan Pahlawan, tengoklah sebelah kiri sebelum traffic light Kebon Rojo, Surabaya. Ada bangunan megah di sebelah pojok timur laut dari perempatan tersebut. Bangunan tersebut sekarang tertulis dengan nama Pertamina UPDN V.
Gedung ini terletak di Jalan Veteran No. 6-8 Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini berada di sebelah timur Kantor Pos Besar Surabaya.


Awalnya gedung ini merupakan bangunan De Sociëteit Concorda hasil rancangan J.P. Ermeling yang dibangun pada tahun 1843. Sociëteit adalah tempat hiburan, di mana para Meneer (tuan) dan Mevrouw (nyonya) besar bangsa Belanda dan Eropa, bergembira ria menikmati kehidupan malam. Sedangkan, Concorda adalah nama sebuah club untuk elite kolonial era 1800-an di seantero Hindia Belanda. Jadi, Sociëteit Concorda merupakan club house yang didesain oleh para kolonial dengan gaya Eropa untuk memenuhi kebutuhan refreshing atau tempat hiburan elite di Surabaya, bahkan ada yang menyebutnya sebagai tempat dugem pertama di Surabaya. Di dalam gedung tersebut, juga dilengkapi dengan fasilitas bilyar maupun fitness. Sehingga, gedung ini merupakan salah satu sociëteit terkenal yang dibangun oleh Belanda pada kala itu, dan menyebabkan jalan yang melintasi gedung tersebut terkenal dengan nama Sociëteitstraat.
Pada waktu didirikan, bangunan gedung tersebut menghadap ke Kali Mas. Dulu, Jalan Veteran atau Sociëteitstraat bukan merupaka jalan utama seperti sekarang ini tapi hanya sebuah gang menuju luar kota yang dibatasi tembok kota.


Seiring perkembangan waktu, daerah tersebut kian menjadi ramai semenjak tembok kota diruntuhkan, dan daerah sekitarnya menjadi pemukiman baru. Semula gangnya kecil dan sepi berubah menjadi besar dan ramai. Pada awal 1900-an, daerah ini menjadi kawasan yang ramai. Lalu lintas Jalan Veteran semakin ramai. Lalu, Sociëteit Concorda dipindahkan ke pinggiran kota lagi agar menemukan kembali suasana tenang seperti ketika De Sociëteit Concorda pertama kali berdiri.
Pada 1917, club Concorda pindah ke sociëteit baru di Simpangstraat, dan namanya berubah menjadi Simpangsche Sociëteit (kini Balai Pemuda). Lalu, gedung yang ditinggalkan De Sociëteit Concorda direnovasi berdasarkan desain arsitek G.C. Citroen untuk menjadi kantor Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM). BPM merupakan perusahaan pertambangan minyak yang didirikan pada 26 Februari 1907 dengan kantor pusat di Den Haag, yang kelak berubah menjadi Shell Petroleum.
Renovasi dilakukan pada 1917-1918. Dari bangunan sebuah club menjadi perkantoran dengan karakter bangunan yang lebih lugas. Pintu masuknya tidak lagi dari Kali Mas melainkan diubah ke Jalan Veteran, sehingga bangunan tersebut menjadi menghadap ke selatan.
Pada 25 Oktober 1945, gedung ini diduduki oleh pasukan Sekutu di bawah pimpinan Kolonel Pugh. Dari gedung inilah, Kolonel Pugh menginstruksikan kepada pasukannya untuk merampas persenjataan pejuang Surabaya. Akibat instruksi tersebut menimbulkan amarah rakyat sehingga meletuslah pertempuran 28-30 Oktober 1945 yang berakhir dengan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby.
Sejak dilakukan nasionalisasi, gedung tersebut menjadi Kantor UPDN V Pertamina, dan sesuai yang tertulis dalam pahatan yang ditempel di dinding luar samping kanan pintu masuk utama, bangunan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Walikota Nomor 188.45/251/402/1.04/1996 dengan nomor urut 36. *** [180114]

0 komentar:

Posting Komentar