Rabu, 05 Februari 2014

Sejarah Singkat Desa Cangaan

Desa Cangaan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa dataran sedang, yaitu sekitar 156 meter di atas permukaan air laut. Berdasarkan keadaan data BPS Kabupaten Gresik, curah hujan rata-rata mencapai 2.400 mm.
Berdasarkan data administrasi pemerintahan Desa Cangaan tahun 2011, jumlah penduduknya adalah 2.742 orang dengan jumlah 598. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani yang didukung oleh lingkungan alam yang menopang pertanian, di samping ada juga yang bekerja di sektor jasa/perdagangan, menjadi buruh/TKI maupun peternakan.
Jarak tempuh Desa Cangaan ke ibu kota Kecamatan Ujungpangkah yaitu sekitar 7 kilometer. Sedang jarak ke ibu kota Kabupaten Gresik adalah sekitar 38 kilometer.
Secara administratif, Desa Cangaan dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Ngemboh. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Delegan, Kecamatan Panceng. Di sisi selatan berbatasan dengan Desa Wotan, Kecamatan Panceng, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Desa Gosari.
Dalam Profil Desa Cangaan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik Tahun 2011, diceriterakan bahwa desa ini awalnya banyak rawanya, sehingga banyak burung Cangak yang datang untuk mencari ikan. Asal penduduk aslinya berasal dari Desa Takeran Lamongan yang mencoba untuk bertahan hidup di wilayah ini. Awalnya mereka berada di tengah wilayah Desa Cangaan atau dengan Perhutani sekarang, tetapi karena kesulitan mendapatkan air untuk minum, lama kelamaan mereka berpindah ke pinggir wilayah Desa Cangaan yang ada sekarang berbatasan dengan wilayah Desa Gosari dan Ngemboh. Konon karena banyak burung Cangak itulah tempat (desa) ini disebut Cangaan. Adapun yang menjadi kepala desa yang pertama adalah H. Usman (1956-1990).  ***

1 komentar:

  1. hmmmmmm.. ceritanya sangat jadi kenangan desa ini tapi penduduk sekarang yg tinggal di desa cangaan ini mukngkin udah lupa akan sejarah desanya atau tempat tinggalnya yg berada di desa canaga'an ini atau bahkan mungkin sudahh lalai / lupa akan adat atau kelestarian kebudayaaan yg di ajarkan oleh kakek/nenek moyang ,dan penduduk desa canga'an yg terdahulu/sebelum mereka. mungikin cuman coment / kritik dary saya mungkin kurang atau lebihnya saya minta maap harap maklum sekian dari saya
    M.Nur.Rohim
    dari desa: Canga'an

    BalasHapus