Selasa, 18 Februari 2014

Sejarah Singkat Desa Turirejo

Desa Turirejo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa tanah berbukit-bukit, yaitu sekitar 491 meter di atas permukaan air laut. Berdasarkan keadaan geografis desa, curah hujan rata-rata 200 mm/tahun dengan suhu rata-rata antara 22° - 32°C.
Berdasarkan data administrasi pemerintahan Desa Turirejo tahun 2011, jumlah penduduknya adalah 8.859 orang dengan jumlah 2.464 KK dengan luas wilayah 400 hektar. Desa Turirejo terdiri atas empat dukuh, yaitu Dukuh Turi, Dukuh Krajan, Dukuh Krajan Timur, dan Dukuh Simping. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani yang didukung oleh lingkungan alam yang menopang pertanian, sedangkan yang lainnya adalah buruh swasta, PNS, pedagang, montir, dan sebagainya.
Jarak tempuh Desa Turirejo ke ibu kota Kecamatan Lawang yaitu sekitar 2 kilometer. Sedang jarak ke ibu kota Kabupaten Malang adalah sekitar 23 kilometer.
Secara administratif, Desa Turirejo dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Jatisari dan Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Wonorejo. Di sisi selatan berbatasan dengan Kelurahan Lawang dan Desa Ketindan, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Desa Sumberporong dan Desa Mulyoarjo.
Dalam Profil Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang Tahun 2012, diceriterakan bahwa semula Desa Turirejo itu masih berupa hutan belantara. Kemudian datang seseorang yang bernama Mbah Suko yang melakukan babat alas di wilayah barat Desa dan Mbah Gondo di wilayah timur, bersama keluarga dan kerabat mereka hingga terbentuklah sebuah permukiman dan lahan untuk bercocok tanam. Lambat laun, permukiman itu semakin berkembang seiring perkembangan waktu, yang pada akhirnya membentuk sebuah pedesaan.
Sedangkan asal usul kedua tokoh yang membuka lahan tersebut, sampai saat ini tidak diketahui secara jelas, dan sejak tahun berapa Desa Turirejo ini berdiri.
Nama Desa Turirejo sendiri berasal dari nama sebuah dukuh di desa ini, yakni Dukuh Turi, yang menurut kepercayaan para tokoh masyarakat dianggap sebagai pancer atau punjering Desa Turirejo (titik tengah Desa Turirejo), yang apabila ditinjau dari nama tersebut dapat diartikan Dukuh Turi yang rejo (ramai). ***

0 komentar:

Posting Komentar