Rabu, 12 Maret 2014

Gedung PT Inoscco Surya Pratama

Jalan Bibis merupakan salah satu jalan yang berada di kawasan Pecinan, Surabaya. Dahulu, kawasan ini termasuk di dalam Chinesevoorstraat. Kawasan ini senantiasa sibuk dengan aktivitas orang Tionghoa dalam perdagangan maupun pergudangan pada siang harinya, dan sarat dengan deretan bangunan tua yang menghiasi daerah tersebut.
Salah satu bangunan tua yang berada di daerah tersebut adalah gedung milik PT Inoscco Surya Pratama (Agen Resmi Pelumas dari PT Pertamina), yang terletak di Jalan Bibis No. 17 Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur atau tepatnya berada di sebelah timur Kantor GPPS Jemaat Bibis.


PT Inoscco Surya Pratama (ISP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha pendistribusian produk dari Pertamina, yaitu pelumas dan obat-obatan pertanian, seperti Meditran 40, Mesran Super 20 W/50, Mesran 40, Meditran S40, Rored HAD 140, Rored HAD 90, Rored EPA 90, Masri RG 220, Meditran S10W, Meditran P40, Medipral 412, dan Meditran S30.
Dalam situsnya, disebutkan bahwa PT ISP didirikan berdasarkan akte notaris dan disahkan oleh Menteri Hukum melalui Surat Keputusan (SK) yang anggaran dasar dan perubahannya telah diumumkan dalam Berita Negara RI Nomor 58 tertanggal 19 Juli 1985 (Tambahan Nomor 955/1985), Berita Negara RI Nomor 89 tertanggal 7 November 1989 (Tambahan Nomor 2884/1989), dan Berita Negara RI Nomor 14 tertanggal 17 Februari 1998 (Tambahan Nomor 1053/1998), yang selanjutnya diubah dengan akta-akta risalah RUPS, Akta Perubahan Terakhir tertanggal 26 April 2010 Nomor 10.


Sesuai dengan akta pendirian dan perubahannya, maksud dan tujuan perusahaan ini adalah untuk menyelenggarakan usaha perdagangan, pengangkutan dan jasa. Salah satu kegiatan usaha perdagangan yang dijalankan adalah sebagai agen pelumas dan transportasinya.
Bangunan PT ISP ini merupakan bangunan tua yang terdiri atas dua lantai, dan hingga kini masih terawat dengan baik. Yang khas dari bangunan ini adalah adanya pintu besar yang diapit oleh jendela yang menyerupai pintunya. Pintu tersebut berada di lantai bawah berukuran sekitar 1,8 meter yang di atasnya membentuk arcade (lengkungan) dengan hiasan besi berongga.
Di samping kiri bangunan PT ISP ini terdapat bangunan kembarannya, akan tetapi tidak seberuntung kepunyaan PT ISP. Bangunan tersebut kusam dan tampak tidak terawat.
Dari kedua bangunan tersebut, sayangnya tidak bisa didapatkan rekam jejak perihal gedung tersebut akibat minimnya informasi yang bisa digali di lapangan. *** [020314]

Kepustakaan:

0 komentar:

Posting Komentar