Jumat, 04 April 2014

Gedung Asuransi Jiwasraya Medan

Banyaknya bangunan kuno yang bersejarah di Kota Medan tidak terlepas dari keberadaan perkebunan tembakau Deli di Sumatera Timur yang pada waktu itu dipelopori oleh J. Nienhuyis, Van Der Falk, dan Elliot. Keuntungan besar yang diperoleh dari perkebunan tersebut – pada tahun 1874 sudah dibuka 22 perkebunan – membuat pemerintah kolonial Belanda memindahkan ibukota Karesidenan Sumatera Timur dari Bengkalis ke Medan pada tanggal 1 Maret 1887. Pada saat itulah, pembangunan infrastruktur dimulai dan arsitektur Eropa mulai mengisi wajah Kota Medan guna menggantikan transportasi sungai menjadi jalan raya dan rawa-rawa menjadi perkampungan maupun tempat berdirinya bangunan publik. Aristektur yang diperkenalkan mulai dari arsitektur klasik hingga arsitektur art deco yang dalam aplikasinya berusaha bersahabat dengan alam tropis.
Sarana pendukung yang dibangun oleh pemerintah kolonial mulai bermunculan, mulai dari perkantoran perkebunan, perhotelan, stasiun kereta api, perbankan, sekolahan hingga asuransi.
Salah satunya yang masih bisa kita saksikan sampai sekarang adalah gedung milik PT Asuransi Jiwasraya (Persero).


Gedung ini terletak di Jalan Palang Merah No. 1 Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi bangunan ini berdampingan dengan gedung BKS PPS atau yang dikenal dengan gedung AVROS, atau tepat berada sudut atau pojok persimpangan Jalan Palang Merah dan Jalan Kolonel Sugiono,
PT Asuransi Jiwasraya Medan merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Jenis asuransi yang ditawarkan adalah asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi siharta, jaminan hari tua, tunjangan hari tua, asuransi pendidikan, produk investasi dan produk proteksi.
Awalnya, perusahaan ini berdiri dengan tujuan untuk mendidik masyarakat merencanakan masa depannya. Tanggal 31 Desember 1859 menjadi awal kirprah Jiwasraya di Indonesia yang lahir dengan nama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLM), yang didirikan oleh C.F.W. Wiggers dari Kerchem.
PT Asuransi Jiwasraya didirikan berdasarkan akte notaris William Henry Herklos Nomor 185 tanggal 31 Desember 1859. NILLMIJ van 1859 tercatat dalam sejarah sebagai perusahaan asuransi jiwa yang pertama didirikan di Indonesia. Pada tahun 1957 perusahaan asuransi jiwa milik Belanda yang ada di Indonesia dikenakan nasionalisasi. Dalam perjalanannya, perusahaan mengalami peleburan dengan sembilan perusahaan milik pemerintah kolonial Belanda lainnya dan satu perusahaan nasional. Pada tahun 1973 beralih menjadi perusahaan milik pemerintah Indonesia yang kini lebih dikenal sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kini perseroan yang lebih populer dengan nama Asuransi Jiwasraya, masih memiliki dan menempati gedung yang telah berusia ratusan tahun lebih di Medan.
Gedung Asuransi Jiwasraya di Medan dibangun pada 1918, dan sempat mengalami renovasi pada 1984. Dalam renovasi tersebut, bentuk aslinya masih tetap dipertahankan, sehingga sampai sekarang kemegahan gedung ini masih bisa dilihat, dan gedung ini juga telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya (BCB) yang ada di Kota Medan.*** [140314]

Kepustakaan:
http://www.bumn.go.id/jiwasraya/tentang-kami/tentang-perusahaan/
http://nl.wikipedia.org/wiki/NILLMIJ

0 komentar:

Posting Komentar