Sabtu, 24 Mei 2014

SMPN 1 Bogor

SMP Negeri 1 Bogor, atau yang biasa disingkat menjadi SMPN 1 Bogor merupakan salah SMP yang tergolong tua di Kota Bogor. SMP ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 16 Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berada di dekat Gereja Katedral, dan berhadapan dengan GerejaZebaoth.
Bangunan asli SMP ini masih nampak berdiri kendati di sekelilingnya telah dibangun ruangan kelas baru dan bertingkat. Hanya sayangnya bangunan yang menjadi heritage ini kurang terawat ketimbang bangunan kelas barunya. Bangunan asli SMP ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1918. Dulu, sebelumnya adalah Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) yang berarti Pendidikan Dasar Lebih Luas. MULO adalah Sekolah Menengah Pertama pada zaman kolonial Belanda di Indonesia di mana bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Belanda.


Setelah Indonesia merdeka, sekolah ini dinasionalisasi, dan menjadi SMP Darurat Bogor pada tahun 1948. Kemudian pada 1 Januari 1949, sekolah ini berubah menjadi SMP Bogor yang kelak menjadi SMPN 1 Bogor hingga sekarang.
Bangunan asli SMP ini berbentuk empat persegi panjang dan memiliki ciri arsitektural bergaya kolonial, yang ditandai dengan pintu dan jendela yang cukup besar. Dari tampak depan terlihat ada dua pintu dan enam jendela yang tinggi, yang terbuat dari kayu berbentuk persegi. Di depan bangunan tersebut terdapat lapangan yang dipergunakan untuk olahraga, terutama basket.
Berdasarkan akte sertifikat No. 10.71.03.02.4.00019, sekolah ini memiliki lahan seluas 3.150 m² dengan status kepemilikan bangunan adalah milik pemerintah.
Sesuai dengan nilai historis yang melekat, bangunan SMP ini tergolong sebagai salah satu benda cagar budaya (BCB) di Kota Bogor. Sehingga, para pemangku kepentingan baik di sekolahan ini pada khususnya maupun di Kota Bogor pada umumnya, hendaknya senantiasa berhati-hati dalam memperlakukan bangunan tersebut. Jangan sampai terlantar apalagi kalau terlihat bangunan baru di sampingnya lebih bagus sementara pada bangunan lamanya tampak gentingnya pada melorot.
Sebagai salah satu BCB, eksistensi dan keaslian bangunan tersebut adalah untuk mempertahankan bukti-bukti historis. Ke depannya, agar masyarakat dapat mengetahui perjalah sejarah pendidikan di Kota Bogor. *** [140514]

0 komentar:

Posting Komentar