Sabtu, 17 Mei 2014

Tiang Telepon Kuno di Depok

Kehadiran Depok Lama tidak hanya menyisakan bangunan tua berupa gedung YLCC, GPIB Jemaat Immanuel, Rumah Sakit Harapan Depok maupun SDN Pancoran Mas 02 Depok, akan tetapi ada juga peninggalan Belanda berupa tiang yang kini masih berdiri tegak di pertigaan Jalan Kartini dan Jalan Pemuda. Kawasan tersebut masuk ke dalam wilayah administratif Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.


Tiang ini memiliki tinggi sekitar 10 meter, dan diperkirakan dibangun pada tahun 1900. Dilihat dari konstruksi tiang yang berbahan baja ini, tampak bahwa tiang tersebut masih memperlihatkan kekokohannya.
Ditinjau dari kesejarahannya, tiang telepon satu-satunya kala itu merupakan monumen peninggalan masa awal pertelekomunikasian di Depok. Sebagai salah satu situs sejarah yang ada di Depok, tiang telepon tersebut harus dijaga keberadaannya. Kesan tidak terawat seharusnya tidak muncul, serta eksistensinya yang harus tetap dipertahankan. Terlebih lokasi tiang tersebut yang berada di salah satu jalan utama di Kota Depok, maka tidak menutup kemungkinan keberadaan tiang telepon kuno tersebut akan tergusur akibat pelebaran jalan kelak. *** [160514]

0 komentar:

Posting Komentar