Minggu, 01 Juni 2014

Rumah Keluarga Thung

Di antara rumah Kapiten Tan dan Rumah Abu Keluarga Thung, terdapat rumah yang cukup besar. Rumah yang menyerupai villa ini mendapat pengaruh Eropa, sehingga tampak megah dan kokoh dari kejauhan. Rumah ini dkenal sebagai Rumah Keluarga Thung.
Rumah ini terletak di Jalan Surya Kencana No. 192 Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi rumah ini tepat berada di sebelah selatan Klink dan Apotik Rosalina.
Keluarga Thung merupakan keluarga yang terkenal kaya raya dan dihormati oleh masyarakat kala itu. Salah satu anggota keluarga yang terkenal adalah Thung Tjoen Pok (1874-1943), seorang tuan tanah dan anggota Volksraad pada zaman kolonial Belanda. Peninggalan lainnya yang masih bisa dilihat hingga sekarang adalah Pasar Cunpok yang berada di dekat Gang Aut dan Padasuka.


Pemilik rumah ini diketahui bernama Thung Tjiang Pek, salah seorang cucu dari Thung Tjoen Pok. Thung Tjiang Pek mempunyai seorang adik bernama Thung Thiang Kwee yang diketahui sebagai pemilik Panorama Tour.
Bangunan rumah ini tergolong masih terawat dengan baik, dan memiliki halaman yang sangat luas. Umumnya rumah di kawasan Pecinan (Chineseche Kamp) tidak memiliki halaman dan saling berdempet rapat. Pepohonan yang tumbuh rindang di halaman rumah ini memberi kesan teduh dan asri.
Rumah yang masih didiami oleh keluarga Thung ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya (BCB) yang ada di Kota Bogor sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2005 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor.
Untuk tahun ini, tampaknya rumah ini akan difungsikan juga sebagai Kidzmania, semacam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terbagi menjadi tiga kriteria umur yaitu Baby Kidz (1-2 years), Toodler (2-3 years) dan Kidzmania (3-4 years). Oleh karena itu, diperlukan sebuah kearifan tersendiri dalam menyikapinya lantaran dalam kenyataannya akan terjadi pertemuan antara kepentingan komersial dan kepentingan heritage. *** [240514]

0 komentar:

Posting Komentar