Senin, 28 Juli 2014

Roti Ganep Solo

Plesiran ke Kota Solo membawa banyak sejuta kenangan. Banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi. Tidak hanya wisata kultural historis saja akan tetapi yang tak kalah pesonanya adalah wisata kuliner. Salah satunya adalah Roti Ganep yang tersohor sebagai salah satu penganan khas Kota Solo.
Roti Ganep terletak di Jalan Sutan Syahrir No. 176 Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi ini berada dekat dengan Sate Buntel Tambak Segaran yang tak kalah populernya, atau berada di sebelah tenggara Pasar Legi Solo.
Perusahaan roti ini bermula dari usaha pasangan Tjang Tiang San dan Auw Liek Nio dalam membuat penganan berbahan dasar tepung ketan yang kemudian dikenal dengan nama roti kecik. Usaha roti yang didirikan sekitar tahun 1881, merupakan salah satu produksi utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan roti dengan harga murah pada masa itu.



Pemberian nama Ganep dilakukan oleh Sinuhun Paku Buwana X semasa beliau masih menjadi putra mahkota. Mendengar anak Ny. Auw Liek Nio berjumlah genap, maka sejak itu Ny. Auw Liek Nio kerap dipanggil Nyah Ganep.
Prasasti Ganep dianugerahkan oleh GPH Dipokusumo. Kata Ganep sebagai nama yang dianugerahkan Sinuhun Paku Buwono X (183-1939) tersebut memiliki arti genap, yang bermakna filosofis: lengkap, utuh, sehat dan waras.
Sekarang Perusahaan Roti Ganep masih berdiri dan memproduksi roti kecik dan roti yang lain di bawah pengelolaan Cecilia Maria Purnadi (Oh Lioe Nio), generasi kelima dari Ny. Auw Liek Nio, dan membuka dua cabang di Lobby RS Dr. Oen Kandang Sapi yang berada di Jalan Brigjen Katamso No. 55 Solo (Cabang 1), dan yang satunya berada di Jalan Pakel Ruko Mulyo Mandiri No. 11 Banyuanyar, Solo.
Perusahaan Roti Ganep ini selain memproduksi roti kecik, perusahaan ini juga memproduksi roti basah, aneka penganan tradisional maupun makanan khas Solo yang menjadi ciri khas dari perusahaan tersebut dengan mengusung tema Traditional Snacks Ganep’s. Namun demikian, roti kecik yang menjadi produk primadona perusahaan ini merupakan penganan yang banyak diminati masyarakat dari Solo maupun wisatawan dari luar Solo, bahkan tidak jarang wisatawan mancanegara yang membeli roti kecik sebagai oleh-oleh khas Solo. *** [270714]

0 komentar:

Posting Komentar