Kamis, 16 April 2015

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang

Perjalanan menuju Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang dari arah Alun-Alun melalui Jalan Laksda Yos Sudarso, memberikan sensasi tersendiri. Deretan bangunan kuno peninggalan Belanda banyak dijumpai dalam jalur perjalanan tersebut. Salah satunya adalah Gedung Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang. Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang merupakan kantor dinas yang melakukan tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.
Gedung Kantor Dinas ini terletak di Jalan Laksda Yos Sudarso No. 31C RT. 01 RW.09 Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi gedung ini berada di sebelah barat Gereja Katolik Santo Ignatius Magelang.


Dulu, sebelum difungsikan sebagai Kantor Disdukcapil, gedung tersebut merupakan bangunan sekolah yang bernama Kweekschool Voor Inlandsche Ambtenaren. Kweekschool ini merupakan sekolah calon guru yang diperuntukkan bagi bumiputera. Sekolah ini awalnya berada di Surakarta, kemudian dipindahkan ke Magelang pada 1875. Namun, gedungnya Kweekschool sendiri baru dibangun pada 1899.
Kweekschool yang berlangsung di Magelang ini merupakan Hoogere Kweekschool (HKS). HKS lebih tinggi dari Hollandsch-Inlandsche Kweekschool (HIK). Muridnya dipilih dari Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) atau dari HIK. Selama tiga tahun murid-murid HKS dididik dan dilatih dengan bahasa Belanda, dan mendapatkan pelajaran ilmu mendidik, ilmu pengetahuan umum serta harus tinggal dalam asrama dengan pengawasan ketat.


Oleh karena itu, wajar bila bangunan gedung Kweekschool ini cukup luas. Luas tanah yang terpampang dalam papan berwarna biru muda tersebut menunjukkan bahwa luas tanahnya adalah 8.992 m². Pembangunan kompleks gedung Kweekschool ini pun juga tidak langsung jadi namun bertahap yang memerlukan waktu puluhan tahun karena saking luasnya. Di dalam kompleks tersebut terdapat ruang kepala sekolah, ruang guru, asrama, dan lain-lain.
Perkembangan Kweekschool sedikit terhambat dengan kehadiran Middlebare Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren (MOSVIA) pada 1927 yang lebih dikhususkan bagi golongan ningrat, sehingga terpaksa harus ditutup pada tahun 1932. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, gedung Kweekschool ini kemudian difungsikan sebagai Kantor Dinas Bupati Magelang dari tahun 1948 hingga tahun 1983. Setelah itu, Kantor Dinas Bupati Magelang menempati bangunan gedung yang baru, gedung Kweekschool ini difungsikan sebagai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang.
Dalam Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 7 Tahun 2013 tentang Cagar Budaya di Kota Magelang, dijelaskan bahwa kompleks Catatan Sipil (eks Kweekschool) ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya (BCB) sebagai kompleks sekolah yang memakai gaya arsitektur Indis. *** [201214]

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    BalasHapus