Selasa, 28 Juli 2015

Dalem Kawedanan Bekonang

Menikmati segelas teh panas di Pasar Bekonang membawa kenangan tersendiri. Pasalnya dari obrolan di warung yang ada di dalam pasar tersebut, akhirnya penulis mendapat informasi mengenai adanya bangunan kuno di daerah Bekonang, yaitu Dalem Kawedanan Bekonang.
Dalem ini terletak di Jalan Pemuda No. 41 RT. 03 RW. 05 Desa Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Dalem ini berada tepat di sebelah barat Pasar Bekonang, atau berada di sebelah barat laut pertigaan lampu merah Bekonang.
Dalem, dalam bahasa Jawa menunjuk kepada pengertian rumah yang biasanya memiliki pendopo. Begitu pula halnya dengan Dalem Kawedanan Bekonang ini, juga menunjuk pada pengertian tersebut. Hanya saja, untuk pengertian pada Dalem Kawedanan Bekonang ini lebih kepada rumah yang disediakan oleh pemerintah untuk tinggal Wedana Bekonang pada waktu itu. Sehingga, Dalem Kawedanan Bekonang ini sesungguhnya merupakan rumah dinas bagi Wedana Bekonang.


Sesuai angka tahun yang tertera pada gevel pendopo Kawedanan Bekonang, bangunan rumah dinas Wedana Bekonang dibangun pada tahun 1921. Rumah dinas ini menyerupai bangunan kadipaten dalam ukuran yang kecil (mini). Dulu, keluarga wedana yang bertugas di Kawedanan Bekonang tinggal di dalam Dalem tersebut, ditambah dengan sejumlah abdi yang menjaga keamanan maupun kerumahtanggaan. Termasuk di antaranya adalah Raden Ayu Srimulat, seorang pendiri gorup lawak Srimulat, yang pernah tinggal di Dalem ini, karena ayahnya pernah menjadi Wedana Bekonang.
Pada waktu itu, Kawedanan Bekonang meliputi wilayah Mojolaban, Polokarto, dan sekitarnya yang kala itu merupakan wilayah tersendiri. Namun, dengan bergabungnya Kawedanan Bekonang, Kawedanan Larangan atau Sukoharjo, dan Kawedanan Kartasura menjadi Kabupaten Sukoharjo pada hari Senin Pon tanggal 15 Juli 1946, praktis Kawedanan Bekonang sudah tidak difungsikan dan digantikan dengan Kecamatan Mojolaban. Akan tetapi, kendati sudah menjadi wilayah Kecamatan Mojolaban, namun daerah tersebut masih melegenda dengan sebutan Bekonang. Karena bila dirunut dalam sejarah, Bekonang sendiri sebenarnya sudah dikenal ketika masa peralihan Kraton Kartasura Hadiningrat menjadi Kraton Surakarta Hadiningrat. Daerah tersebut dulu merupakan daerah yang dinominasikan untuk dijadikan sebagai tempat berdirinya Kraton Surakarta Hadiningrat. Sehingga, wajar bila sebutan Bekonang masih membekas sampai sekarang meski sebenarnya Bekonang malah menjadi lebih kecil atau setingkat desa saja.
Setelah Dalem Kawedanan Bekonang menjadi wilayah Kecamatan Mojolaban, Dalem ini pernah berganti nama menjadi rumah dinas Pembantu Bupati Kepala Daerah Wilayah Mojolaban. Setelah struktur kawedanan tidak ada lagi, maka rumah dinas tersebut dipergunakan sebagai aset Kecamatan Mojolaban, dan masuk dalam Data Inventarisasi BCB Tidak Bergerak Kabupaten Sukoharjo. *** [040415]

0 komentar:

Posting Komentar