Jumat, 31 Juli 2015

Gedung KNKT Kementerian Perhubungan

Pada waktu menghadiri pemberian anugerah bagi fotografer terbaik bidang heritage yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional di Galeri Nasional, pulangnya menggunakan bus Trans Jakarta dari Halte Gambir. Ketika sedang menanti bus yang menuju ke arah Kalideres, penulis duduk di halte tersebut. Ternyata di di depan halte tersebut berdiri sebuah bangunan lawas yang terlihat kokoh dan megah.
Sesuai dengan papan nama yang terpasang di gedung tersebut, tertulis KNKT dengan huruf yang lumayan besar. KNKT singkatan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi, sebuah komite keselamatan di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Jadi, bangunan berlantai 3 dengan dominasi warna putih tersebut adalah Gedung KNKT Kementerian Perhubungan.
Gedung KNKT ini terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No. 5 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta. Lokasi gedung ini berada sebelah timur laut Stasiun Gambir, atau selatan Gedung Pertamina Pusat.
Peter J.M. Nas dan Martien de Vletter (editor) dalam bukunya, Masa Lalu dalam Masa Kini: Arsitektur di Indonesia (PT. Gramedia, Jakarta, 2009) menulis, pada tahun 1916, Ir. Frans Johan Louwrens Ghijsels, seorang arsitek dari firma AIA (Algemeen Ingenieurs en Architectenbureau) merancang gedung kantor KPM (Koninklijke Paketvaart Maatschappij) di Batavia dan mengembangkan arsitektur modern yang diprakarsai P.A.J. Moojen.


Berlokasi di pusat kota Batavia, ciri khas gedung KPM menjadi pusat perhatian pada masa itu. Pengaturan volume, bagian depan yang simetris dan rincian yang halus, hiasan Art Deco dan motif-motif yang digabungkan memberi ciri khas dan gambaran kualitas yang luar biasa. Kemungkinan rancangan arsitekturnya berasal dari Amerika Selatan, meski arsitektur kolonial Inggris di Malaysia juga menghasilkan gaya arsitektur yang sama.
Meski Art Deco dibawa ke Malaysia sekitar satu dasawarsa lebih lambat dari Indonesia, kemiripan antara gedung KPM dan gedung Anglo-Oriental di Kuala Lumpur sangat mencolok. Bagaimanapun, gedung Anglo-Oriental baru dibangun pada tahun 1936.
N.V. Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) atau yang dalam bahasa Inggrisnya, Royal Packet Navigation Company, merupakan sebuah perusahaan pelayaran yang mempunyai kedudukan hukum di Amsterdam, namun kantor pusat operasinya berada di Batavia semenjak zaman Hindia Belanda. Perusahaan ini terutama berfokus pada rute pelayaran regular terjadwal bagi penumpang dan muatan kargo antar pulau di Hindia Belanda yang kemudian lebih populer dengan istilah sebagai pelayaran pos antar pulau.
Setelah pengakuan kedaulatan Indonesia pada tahun 1949, perusahaan ini masih tetap beroperasi hingga dinasionalisasi oleh Pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 1960 tentang Nasionalisasi Perusahaan N.V. K.P.M. di Indonesia. Dengan pengundangan Peraturan Pemerintah ini, Panitia Penguasa N.V. Koninklijke Paketvaart Maatschappij yang dibentuk dengan Surat Keputusan Perdana Menteri Republik Indonesia No. 12/PM/KB/19588 tertanggal 4 Maret 1958 dinyatakan bubar dan segala sesuatunya yang bertalian dengan pekerjaan Panitia tersebut dan pelaksanaan peraturan ini ke arah likwidasi perusahaan termaksud diserahkan kepada Menteri Perhubungan Laut.
Kemudian sesuai dengan dinamika dalam Kementerian Perhubungan, gedung tersebut pernah mengalami beberapa pemakaian di bawah kendali Kementerian Perhubungan terutama yang di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Namun, sekarang ini gedung berlantai 3 tersebut digunakan oleh organisasi di bawah Kementerian Perhubungan, yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Akan tetapi, karena papan nama yang terpampang lebih dominan KNKT maka bangunan tersebut akhirnya dikenal sebagai Gedung KNKT Kementerian Perhubungan. *** [071212]

Kepustakaan:
Peter J.M. Nas dan Martien de Vletter (editor), 2009. Masa Lalu dalam Masa Kini: Arsitektur di Indonesia, Jakarta: Gramedia
https://id.wikipedia.org/wiki/Koninklijke_Paketvaart_Maatschappij
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 1960

0 komentar:

Posting Komentar