Selasa, 28 Juli 2015

Stasiun Kereta Api Klaten

Stasiun Kereta Api Klaten (KT) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Klaten, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta yang berada pada ketinggian + 151 m di atas permukaan laut.
Stasiun ini terletak di Jalan K.H. Samanhudi No. 53 Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi stasiun ini berada di dekat jalan by-pass, dan di depan stasiun terdapat Tugu Perjuangan Kemerdekaan.


Bangunan Stasiun Klaten ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Diperkirakan pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Solobalapan-Yogyakarta yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik swasta di Hindia Belanda, Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatscahppij (NIS) pada tahun 1872 sebagai lanjutan dari proyek jalur Semarang-Vorstenlanden. Jalur sepanjang 58 kilometer ini, pengerjaannya dimulai dari Solo di sebelah timur laut menuju ke Yogyakarta di sebelah barat daya.
Jalur Solobalapan-Yogyakarta ini akhirnya diambilalih oleh Staatsspoorwegen, perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, dan dilakukan pembenahan pada tahun 1929.  Awal dibangunnya stasiun ini masih berukuran kecil namun pada saat diambilalih Staatsspoorwegen, stasiun ini turut diperrbesar seperti sekarang ini.
Stasiun ini memiliki 6 jalur, seperti jalur yang terdapat di ibukota kabupaten lainnya. Karena di samping untuk menaikkan maupun menurunkan penumpang, stasiun ini juga untuk persilangan kereta api.
Stasiun Klaten merupakan stasiun setingkat yang berada di kabupaten sehingga memiliki bentuk bangunan stasiun standar yang berada di kabupaten atau kota. Sehingga, pola emplasemen dan peron hampir serupa dengan stasiun yang berada di kabupaten lainnya. *** [190715]

0 komentar:

Posting Komentar