Selasa, 04 Agustus 2015

Gedung 1927

Gedung megah yang bercat putih di tepi Kali Besar sebelah barat terlihat unik di samping dominan di antara gedung yang lainnya. Bangunan tersebut menghadap ke timur, dan di atasnya tertulis angka 1927. Sehingga, gedung tersebut kerap kali dinamakan Gedung 1927 oleh masyarakat setempat.
Gedung ini terletak di Jalan Kali Besar Barat No. 22 Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Lokasi gedung ini berada di sebelah utara Toko Merah, atau bersebelahan dengan Law Firm H. Djohan Djauhary.


Huib Akihary dalam bukunya, Architectuur & Stedebouw in Indonesie 1870/1970 (De Walburg Pers, Zutphen, 1990) menyebutkan, gedung 1927 ini pada masa Hindia Belanda dikenal dengan nama Het gebouw van het dagblad Nieuws van den Dag. Gedung ini didesain ulang oleh biro konstruksi Associate Selle & de Bruyn Reyerse & de Vries dan dikerjakan dari tahun 1925 dan selesai pada tahun 1927. Oleh karena itu, pada fasad depan bagian atas tertulis angka 1927. Hal ini sebagai penanda bahwa bangunan tersebut berdiri pada tahun tersebut.
Gedung yang memiliki langgam Art Deco ini, mempunyai fasad yang melebar dengan jendela-jendela vertikal pada lantai satunya. Lantai duanya cenderung diperbanyak rooster untuk sirkulasi angin yang banyak pada tepi bawah dan tepi atas pada lantai tersebut, sedangkan bagian tengahnya relatif tertutup. Hal ini untuk meredam masuknya sinar matahari secara sporadis karena gedung tersebut menghadap ke timur atau arah matahari terbit.
Sekarang bangunan gedung ini sudah tidak digunakan untuk aktivitas “Berita Harian” tapi sempat dipakai untuk Athena Executive Club atau Athena Discotheque. Ketika penulis melihat bangunan ini, gedung ini digunakan untuk Old City Karaoke. *** [210612]

0 komentar:

Posting Komentar