Selasa, 04 Agustus 2015

Kantor Pos Jakarta Taman Fatahillah

Deretan bangunan kuno yang berada di sebelah utara Taman Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta, mengundang pesona bagi mata yang memandangnya. Banyak wisatawan, baik dari mancanegara maupun nusantara, yang berkeliling ke bangunan tersebut untuk sekadar melihat kemegahan gedung-gedung yang ada maupun untuk menelisik kisah dibalik berdirinya bangunan kuno tersebut. Salah satu bangunan kuno yang menarik perhatian adalah Gedung Kantor Pos Jakarta Taman Fatahillah.
Gedung kantor pos ini terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 3 Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Lokasi museum ini berada di timur laut Taman Fatahillah, atau berada di sebelah barat laut Museum Seni Rupa dan Keramik.


Bangunan kantor pos ini dirancang oleh Ir. R. Baumgartner, seorang arsitek pada Bouwkundig Bureau yang ada di Departemen van Burgerlijke Openbare Werken (Departemen Pekerjaan Umum), dan pembangunannya dikerjakan oleh biro konstruksi N.V. Nederlandsche Aanneming Maatschappij (Nedam) pada tahun 1928.
Dari awal didirikan, bangunan ini memang digunakan sebagai kantor pos (post en telegraafkantoor). Layanan pos pada masa Hindia Belanda memang masih memegang peran yang penting dalam hal informasi maupun komunikasi. Oleh karena, gedung kantor pos ini dibangun di depan gedung Balai Kota Pemerintahan Hindia Belanda (Stadhuis) di Batavia agar supaya arus informasi bisa diterima dengan cepat.
Gedung berlanggam Art Deco ini memiliki sirkulasi udara alamiah karena banyak jendela vertikal yang terdapat di gedung tersebut. Selain itu, juga untuk memaksimalkan pencahayaan dari sinar matahari yang menembus ruangan dalam gedung tersebut.
Kantor pos ini mempunyai dua lantai. Lantai 1 masih untuk melayani jasa pos, sedangkan lantai 2 sempat dipakai oleh Dinas Lalu Lintas dan Jalan Raya, tetapi sekarang telah digunakan sebagai ruang seni kontemporer (contemporary art space) bernama Galeria Fatahillah. *** [210612]

0 komentar:

Posting Komentar