Kamis, 06 Agustus 2015

Stasiun Kereta Api Sukorejo

Stasiun Kereta Api Sukorejo (SKJ) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Sukorejo, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya yang berada pada ketinggian + 238 m di atas permukaan laut, dan merupakan stasiun kelas III.
Stasiun ini terletak di Jalan Sukorejo-Bangil, Desa Glagahsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Lokasi stasiun ini berada di depan Pasar Sukorejo ± 50 meter.


Bangunan Stasiun Sukorejo ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Diperkirakan pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Bangil-Sengon-Lawang-Malang yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, Staatspoorwegen (SS) dari tahun 1878 hingga 1879 sebagai bagian dari proyek jalur kereta api di Jawa untuk line menuju bagian timur (oosterlijnen). Jalur sepanjang 49 kilometer ini, pengerjaannya dimulai dari Bangil menuju Malang. Pengerjaan jalur rel ini merupakan kelanjutan dari proyek jalur rel sebelumnya, yaitu Surabaya-Bangil-Pasuruan, tapi jalur rel ini yang mengarah ke selatan.


Stasiun ini memiliki 3 jalur. Jalur 1 digunakan sebagai sepur luruh, dan jalur 2 untuk persilangan. Sedangkan, jalur 3 digunakan untuk jalur buntu/darurat. Pada tahun 2012, penulis sempat naik kereta api ekonomi dari Stasiun Sukorejo menuju Surabaya setelah selesai melakukan Survey Financial Literacy Migrant Worker. Tapi dalam kunjungan terakhir ke stasiun ini (01/08/15), sudah tidak ada kereta api yang berhenti di stasiun ini kecuali jika terjadi persilangan antarkereta api.
Stasiun ini memiliki bentuk bangunan stasiun yang hampir mirip dengan Stasiun Tanggulangin maupun Stasiun Singosari. Tidak memiliki atap pada peronnya, ruang tunggu maupuh hall terbuat dari konstruksi kayu dan fasilitas administratif yang terdiri atas ruang kepala stasiun/staff serta ruang sinyal menggunakan tembok. Di depan stasiun terdapat menara air yang juga dibangun oleh  Staatspoorwegen sebagai fasilitas pendukung stasiun tersebut.
Stasiun Sukorejo ini memiliki luas bangunan stasiun sekitar 229 m² di atas lahan seluas 9.066 m², dan tercatat sebagai aset PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan nomor register 135/08.67161/SKJ/PS. *** [010815]

0 komentar:

Posting Komentar