Jumat, 30 Oktober 2015

SMP Negeri 2 Yogyakarta

SMP Negeri 2 Yogyakarta, atau yang biasa disingkat menjadi SMPN 2 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah menengah pertama negeri yang berada di Kota Yogyakarta. SMP ini terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 28-30 Kampung Yudonegaran RT. 09 RW. 01 Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi SMP ini berada di sebelah timur Bruderan FIC, atau sebelah barat Kompleks Sekolah Marsudirini.
SMPN 2 ini menempati gedung kuno yang sebagian besar merupakan cagar budaya. Menurut riwayatnya, bangunan SMPN 2 Yogyakarta ini berdiri pada tanggal 12 September 1942. Bentuk bangunan asli dari SMP ini masih memperlihatkan arsitektur kolonialnya yang ditandai dengan pintu dan jendela yang besar berbentuk persegi panjang. Yang memperlihatkan bahwa bangunan SMP ini dibangun pada masa pendudukan Jepang adalah ornamen yang terdapat di atas setiap pintu, yaitu berupa matahari terbit, sebagai simbol khas Jepang. Teras yang ada di depan masih ditopang oleh deretan tiang kayu jati yang didominasi warna hijau dengan pelisir berwarna kuning.


Berdasarkan akte sertifikat nomor P.00024/Pwd semula diketahui bahwa luas lahan SMPN 2 Yogyakarta ini adalah 2.575 m² dengan status kepemilikan tanah ini dkuasai oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, namun semenjak bulan Juli 1981 luas lahan sekolah ini menjadi 3.500 m². Hal ini dikarenakan adanya penyerahan gedung bekas Kantor Metrologi yang berada di sebelah baratnya untuk tambahan ruang kelas.
SMP yang tercatat dengan Nomor Status Sekolah (NSS) 201046011011, dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 20403255 ini tergolong sekolah favorit yang ada di Kota Yogyakarta. Berbagai prestasi baik tingkat kota, provinsi maupun nasional telah ditorehkan sekolah ini.
Sesuai dengan nilai kesejarahan yang dimiliki oleh SMPN 2 ini, bangunan sekolah tergolong sebagai bangunan cagar budaya (BCB) yang lokasinya menyatu dengan deretan BCB lainnya di kawasan tersebut, seperti Kantor Pos Besar Yogyakarta, Bank Indonesia Yogyakarta, Bruderan FIC, maupun Kompleks Sekolah Marsudirini. *** [160815]

0 komentar:

Posting Komentar